LandX.id Berhasil Salurkan Dana UKM Hingga Rp 158,02 Miliar

profile photo reporter Bianca Astira
BiancaAstira
04 Januari 2022
marketeers article
Penyelenggara equity crowdfunding di Indonesia terus bertambah. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga akhir semester tahun 2021 ada tujuh penyelenggara. Total dana yang dikumpulkan Rp 362 miliar. Salah satunya, PT Numex Teknologi Indonesia atau LandX.id. Perusahaan ini berhasil mengumpulkan dan menyalurkan dana hingga Rp 158,02 miliar rupiah ke seluruh usaha kecil dan menengah (UKM) yang terdaftar dalam sistem crowdfunding LandX.
Andika Sutoro Putra, Founder dan CEO LandX.id menyampaikan bahwa komitmen dalam menjaga produktivitas kinerja merupakan cara LandX untuk bisa tetap bertahan menjadi yang terdepan. Ia menambahkan pertumbuhan profit positif dan nilai investasi yang tinggi merupakan hal dasar yang dimiliki perusahaan untuk bisa bersaing di sektor permodalan.
“Sejak mendapat izin OJK pada akhir tahun 2021, jumlah investor yang terdaftar di LandX.id telah mencapai lebih dari 73.042 investor. Para investor nantinya akan menerima dividen per tahun dengan estimasi rencana yang akan dilakukan pada bulan Februari mendatang,” ungkap Andika.
Setelah berhasil mendapat izin OJK,  LandX.id berencana  melanjutkan ekspansi ke berbagai sektor. Sementara beberapa bisnis yang sudah terdaftar di antaranya properti, pabrik pupuk batu bara, cloud kitchen, restoran, klinik kecantikan, laundry, agen properti hingga perusahaan facility service management. Tak hanya itu, LandX.id menargetkan untuk meningkatkan perizinan Securities Crowdfunding ke OJK.
“Ke depannya, kami tidak menutup kemungkinan akan merambah ke berbagai sektor lainnya. Oleh sebab itu, momentum ini juga memicu pihak kami untuk berupaya meningkatkan pesona di industri penanaman modal,” ujar Andika.
Pada praktiknya, sejak pandemi LandX.id telah mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam melakukan seleksi mengenai equity crowdfunding (ECF). Seperti untuk memilih sistem tertentu yang menjalankan bisnis berkelanjutan atau sesuai profil risiko yang bisa ditoleransi. LandX.id juga senantiasa mendorong masyarakat untuk memilih ECF dan project financing yang sudah berizin dan diawasi OJK. Selain itu, terus meningkatkan pengenalan pada produk, potensi keuntungan dan risiko terhadap pilihan investasi.
“LandX.id sangat mudah diakses, hanya dengan daftar dan lakukan transaksi investasi di aplikasi yang bisa di unduh di Google Play dan App Store. Saat ini, seluruh sistem telah berbasis digital. Kami akan memberikan informasi pendanaan secara transparan. Sehingga, para investor tidak perlu khawatir akan perputaran uangnya,” imbuhnya.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related