Transportation & Logistic

Langkah TIKI Hadapi Tuntutan Konsumen

Memperingati ulang tahunnya yang ke-49 tahun, TIKI mempertegas komitmennya menjadi salah satu pemimpin di industri jasa kurir ekspress Indonesia. Selama tiga tahun terakhir, TIKI telah banyak melakukan pembenahan internal untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi di era digital.

Berdasarkan riset internal TIKI, ditemukan empat prioritas utama pelanggan, yaitu aspek kompetitif, cepat, jemput, dan status update (sistem pelacakan kiriman yang real-time). Menjawab tuntutan pelanggan ini, TIKI melakukan strategi TIKI Go Digital dengan menyediakan produk dan layanan yang berbasis teknologi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi konsumen dengan memperbanyak kanal bagi konsumen untuk melakukan pengiriman tanpa perlu terkendala waktu.

Berbagai produk dan layanan berbasis teknologi yang menjadi unggulan TIKI antara lain layanan JEMPOL (Jemput Online) memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan dimanapun dan kurir TIKI akan datang menjemput barang kiriman di lokasi yang ditetapkan pelanggan tanpa dikenakan biaya tambahan.

Menurut Titi Oktarina, President Director TIKI, Kehadiran TIKI selama 49 tahun ini merupakan bukti nyata bagaimana TIKI selalu berkomitmen untuk bertransformasi mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan. “Berpegangan pada tiga area yaitu operational excellences, customer intimacy, dan product leadership. Ke depannya, kami berharap dapat terus menjadi jasa kurir pilihan masyarakat Indonesia,” ujar Titi Oktarina, President Director TIKI

Aplikasi TIKI dimana konsumen dapat mengetahui besaran biaya kiriman, mengetahui kode pos, melakukan pemesanan dan melakukan pelacakan secara real time status barang kiriman dalam satu aplikasi; TIKI Online Booking(TOB) memungkinkan pelanggan melakukan pemesanaan melalui website dan SMS Notification dimana TIKI proaktif mengirimkan notifikasi secara otomatis terkait status kiriman kepada pengirim dan penerima.

TIKI juga memiliki smart control tower yang dapat menganalisa data operasional secara real-time untuk membantu manajemen melakukan pengambilan keputusan yang lebih tepat sasaran. Dengan smart control tower memungkinkan TIKI mengetahui jumlah paket terkirim, terlambat atau tidak terkirim tiap harinya dari seluruh cabang, produktivitas tiap individu kurir dalam mengirim paket dan pemetaan kinerja gerai.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top