Technology

Lebih Inklusif, Moka Kembali Gelar A Cup of Moka

SUMBER: MARKETEERS

Memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) dan mendorong mereka naik kelas menjadi semangat Moka memajukan bisnisnya. Hadir sejak lima tahun lalu, startup ini memberikan layanan kasir digital. Tak hanya itu, Moka juga menghadirkan A Cop of Moka (ACOM) yang menjadi wadah bagi pelaku UKM untuk belajar dan berkembang lewat teknologi. ACOM pertama pada tahun 2020 resmi dibuka pada Kamis (30/01/2020) dengan tema “Digitalisasi untuk UMKM”.

CEO Moka Haryanto Tanjo mengklaim bahwa Moka telah memberikan pengaruh pada ekosistem bisnis digital untuk kelanjutan UKM di Indonesia. Moka tercatat membantu merchant dalam menjalankan usahanya hingga mampu berkontribusi dalam perekonomian Indonesia sebesar Rp 21,6 triliun. Selain itu, Moka juga membantu upaya mewujudkan cashless society di Indonesia, dengan transaksi mobile payment melalui platform Moka senilai Rp1,1 triliun sepanjang tahun 2019.

Ingin terus meningkatkan perkembangan yang ada, Moka menghadirkan ACOM sebagai platform edukasi UMKM di Indonesia. Tahun lalu, ACOM berhasil menjaring lebih dari 2.000 pelaku udaha di 13 kota. Berawal dari tujuh rekan, ACOM kini telah bekerja sama dengan 124 institusi mulai dari pemerintahan, swasta, hingga akademis untuk penyelenggaraannya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, peserta ACOM tahun ini akan diminta melakukan registrasi dan pembayaran. Hal ini dilakukan untuk membuat acara ini lebih inklusif. Moka ingin memastikan mereka yang ikut memang pelaku usaha yang serius dan memiliki tekad kuat untuk mengembangkan usahanya melalui teknologi.

ACOM tahun ini pun akan dikemas berbeda. ACOM akan digelar dalam skala lebih besar dengan materi yang lebih bervariasi dan berkualitas. Berbeda dari sebelumnya, ACOM akan hadir dengan dua format baru, yaitu ACOM Talks dan ACOM Forum. “Di sini, Moka akan memfasilitasi beragam materi mulai dari penerapan teknologi hingga peningkatan penjualan dengan strategi pemasaran,” jelas Haryanto.

Dalam acara peresmian ini, hadir pula pemilik Kokumi Jacqueline Karina. Jacqueline membagikan kisah inspiratif membangun bisnis minuman yang digemari anak-anak muda. Mulai dari pertimbangan target pasar hingga kini bisa memiliki lebih dari 30 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jacqueline juga mengungkapkan Kokumi telah menerima tawaran untuk dibuka di empat negara Asia. Bukan hanya itu, perusahaan juga tengah bersiap untuk menjalin kolaborasi unik dengan musisi dari 88Rising yang akan diumumkan 12 Februari mendatang.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top