Lifestyle

Lima Cara Menghemat Biaya Saat Traveling Bareng Teman

Ilustrasi: 123RF

Melakukan perjalanan bersama teman memang selalu mengasyikkan. Namun, tidak jarang pertanyaan seperti apa anggaran kita cukup atau bakal seru gaya dengan anggaran terbatas, muncul di benak kita semua. Mungkin sudut pandang kamu soal traveling masih penuh kekhawatiran. Pada dasarnya, kamu bisa melakukan perjalanan traveling layaknya melakukan aktivitas sehari-hari, loh. Asalkan sudah pesan tiket perjalanan dan tempat menginap, sisanya hanya perlu bayar transportasi dan uang makan.

Nah, kamu hanya perlu merencanakan perjalanan yang hemat dan efisien dengan teman-temanmu, berikut ini cara menghemat anggaran perjalanan kamu bersama teman yang dikutip dari Traveloka.

  1. Menginap di hostel

Tidur di hostel saat sedang travelling bareng teman adalah salah satu tips mudah untuk menekan biaya. Tidak hanya menjadi salah satu tips berhemat, tetapi juga menjadi gaya travelling baru dan banyak dipilih ketimbang menginap di hotel.

Di sisi lain, kamu pasti akan lebih banyak menghabiskan waktu jalan-jalan.  Jadi, cukup cari tempat menginap dengan kasur dan fasilitas toiletries yang nyaman saja untuk beristirahat, bukan? Kamu bisa tidur di satu ruangan besar bersama 4-12 orang lainnya. Kalau memesan jauh-jauh hari, bukan tidak mungkin kamu bisa mengisi 1 ruangan bersama teman-temanmu tanpa ada pengunjung lain.

  1. Tentukan waktu perjalanan yang tepat

Berlibur di peak season akan membutuhkan anggaran yang lebih mahal. Namun, kamu juga bisa lebih beruntung mendapatkan tiket pesawat atau penginapan yang lebih murah jika memesan tiket di waktu yang tepat. Kalau kamu sudah sering menggunakan online travel agent (OTA) seperti Traveloka, kamu bisa sering-sering cek promo untuk mendapat penawaran harga murah. Kamu juga bisa memanfaatkan paket bundling pesan tiket hotel dan pesawat yang biasanya menawarkan harga terbaik untuk dipesan.

  1. Pilih tujuan wisata gratis

Liburan tidak selamanya harus bayar lho. Beberapa destinasi menawarkan wisata alam gratis yang bisa dikunjungi bersama teman-teman. Kamu hanya perlu memilih waktu kunjungan yang tepat agar lokasi yang didatangi tidak terlalu penuh dengan wisatawan lain. Mengunjungi taman atau balai kota di dekat tempat menginap juga seru, loh. Biasanya kamu bisa sekalian wisata kuliner bareng teman-teman. Harga makanannya sudah pasti lebih murah ketimbang harga makanan di resto atau café.

  1. Pakai bus dalam kota

Pilihan transportasi yang dipakai untuk travelling juga beragam. Namun, pilihan transportasi umum pastinya jadi solusi paling murah, terlebih kalau kamu traveling ke luar negeri. Nah, kalau ada pilihan pakai kereta atau bus, biasanya transportasi bus lebih murah. Kamu juga bisa sekalian pergi bersama-sama dengan semua temanmu dalam sekali jalan. Kalau pakai bus, tidak perlu lagi memikirkan biaya tol, bahan bakar, dan juga biaya parkir.

  1. Memilih makanan yang praktis

Buat kamu yang ingin menjelajah destinasi wisata yang dikunjungi, tidak usah menghabiskan banyak waktu untuk makan di resto. Untuk makan tiga kali sehari, pilih makanan on-the-go yang bisa kamu bawa sambil melakukan perjalanan ke lokasi lain. Jadi, kamu tidak buang-buang waktu di perjalanan hanya untuk berdiam di resto saja. Kamu bisa mengunjungi lebih banyak tempat tanpa melewatkan waktu makan. Kalau mau bagi-bagi satu porsi makan berdua pun, tidak perlu gengsi karena dilihat oleh orang lain ‘kan?

Nah, beberapa trik tadi sudah bisa kamu lakukan untuk dapat meminimalisasi pengeluaran travelling bersama teman-teman. Selamat merencanakan liburan kamu akhir tahun nanti.

Most Popular








To Top