Lifestyle

Lima Wisata Kekinian di Sekitar Solo, Sungai atau Gunung?

Foto: Jejakpiknik

Tidak seperti ragam wisata kulinernya, Kota Solo cenderung “miskin” tempat wisata. Meski begitu, daerah lain di sekitar kota ini memiliki ragam tempat wisata seru yang menarik untuk dieksplorasi. Berikut beberapa tempat wisata kekinian di sekitar Solo yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk liburan kamu -yang dikutip dari blog Airy.

1. Umbul Kapilaler Klaten

Terletak sekitar 38 km dari pusat Kota Solo, Umbul Kapilaler di Klaten merupakan tempat wisata alam berupa pemandian alami dengan air jernih dan pemandangan yang indah. Di tempat ini pengunjung bisa bebas berenang dan bermain air tanpa harus khawatir. Karena air pada pemandian tersebut berasal dari mata air alami. Jadi soal kesegaran dan kebersihan, kita tidak perlu ragu.

2. Umbul Ponggok Klaten

Tempat ini hampir sama dengan Umbul Kapilaler. Daya tarik utama kedua tempat wisata ini adalah kolam pemandian dengan mata air alami yang jernih. Bedanya, di Umbul Ponggok, pengelola setempat menyediakan lebih banyak properti untuk setting foto di dalam air.

Jadi jangan heran jika di dasar Umbul Ponggok akan ditemukan sepeda motor, ayunan, tempat duduk bahkan televisi. Saat berfoto para pengunjung juga bisa berinteraksi dengan gerombolan ikan yang berenang di sekitar mereka. Selain kolam pemandian, pengelola juga menyediakan aneka wahana permainan air yang seru.

3. Bukit Hope Wonorejo

Bukit Hope merupakan tempat wisata berupa spot foto di ketinggian. Dari atas bukit tersebut kamu bisa melihat hamparan pegunungan dan perbukitan hijau dengan rumah penduduk di antaranya. Untuk mengakomodasi kebutuhan pengunjung, pengelola setempat menyediakan panggung dan gardu pandang beraneka bentuk yang biasanya digunakan untuk berfoto.

Selain pemandangan yang menakjubkan, udara segar merupakan daya tarik bukit kekinian tersebut. Jadi selain berfoto, pengunjung juga bisa duduk-duduk menikmati suasana dan sejuknya udara Wonorejo.

4. Gunung Besek Wonogiri

Bagi yang memiliki jiwa petualang dan senang mendaki, Gunung Besek di Wonogiri merupakan tempat wisata yang harus dikunjungi saat berada di Solo. Untuk sampai ke tempat ini, kamu akan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari pusat kota. Untuk mencapai gunung, jalan yang ditempuh tidak terlalu sulit.

Dari tempat parkir, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit berjalan kaki. Gunung Besek sendiri merupakan bagian dari gugusan pegunungan dan bukit yang ada di Wonogiri. Puncaknya memang bukan yang tertinggi, tetapi dari atas gunung pengunjung bisa melihat keindahan alam yang mengagumkan.

Disebut “besek” karena gunung ini memiliki gugusan batu berbentuk besek atau wadah makanan tradisional yang terbuat dari kayu. Jika mampir ke sini, jangan lupa untuk berfoto di tepi tebing sambil melihat hamparan pegunungan dan perbukitan yang menawan.

5. Bukit Cumbri Wonogiri

Selain Gunung Besek, tempat terbaik untuk melihat bentang alam Surakarta yang menawan adalah Bukit Cumbri. Jika udara dan cuacanya mendukung, berada di puncak bukit akan membuat kita merasa sedang berada di negeri atas awan. Tidak heran jika puncaknya menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Di tempat ini pengunjung juga bisa berkemah dan menikmati pemandangan alam pegunungan di Wonogiri yang menawan saat matahari terbit.

Nah, itulah lima tempat wisata zaman now di sekitar Solo yang seru dan menarik. Selain daftar di atas, Airy juga menawarkan layanan untuk kamu yang ingin memesan tiket pesawat ke Solo menggunakan aplikasi Airy. Karena selain praktis, aplikasi traveling ini memiliki layanan reschedule dan refund yang mudah.

Jadi jika sewaktu-waktu ingin ubah jadwal keberangkatan karena satu dan lain hal, kita tidak perlu repot. Karena Airy telah bekerja sama dengan berbagai maskapai. Bahkan kamu tidak perlu khawatir tidak bisa mendapatkan tiket Garuda Indonesia yang diinginkan.

Jadi kamu akan ke mana?

Editor: Sigit Kurniawan








To Top