Technology

LINE Jabarkan Deretan Inovasi di LINE Developer Day 2019

Photo Credits: LINE INDONESIA

LINE Corporation kembali menggelar acara tahunan mereka, LINE Developer Day 2019. Digelar di Tokyo, Jepang (20-21 November 2019), gelaran ini terbagi ke dalam 68 main talks, 42 short tracks, 9 poster sessions, 6 hands-on sessions dan 19 booths.

Yang tak kalah menarik, LINE turut memaparkan ragam inovasi teranyar mereka kepada lebih dari tiga ribu peserta yang hadir. Lantas, apa saja inovasi teranyar yang diusung LINE?

Dalam sesi keynote, Chief Technology Officer LINE Euivin Park memperkenalkan konsep “Connect with LINE Platform” dan “Natural Experience with AI Technology.” Euivin menjelaskan, LINE tengah fokus pada empat bidang (Fintech, Commerce, O2O, dan Contents & Entertainment).

“Di bidang Teknologi Keuangan (Fintech), kurang lebih ada delapan layanan yang telah hadir di tahun ini, antara lain BITMAX di Jepang. Salah satu layanan keuangan dari LINE, LINE Pay yang hadir di Jepang, Taiwan, Thailand, dan Korea telah memiliki kurang lebih 50 juta pengguna di seluruh dunia dengan pengguna tertinggi berada di Jepang sebanyak 37 juta pengguna,” terang Euivin dalam keterangan resmi kepada Marketeers.

LINE turut memperkenalkan konsep “Connect with LINE Platform” yang membahas mengenai LINE Mini App. Platform ini merupakan layanan baru yang memungkinkan perusahaan atau bisnis membuat laman mereka sendiri di dalam aplikasi LINE. Termasuk, membuat daftar layanan mereka, seperti menu restoran dan harganya, reservasi, kupon, atau membuat kartu langganan. LINE Mini App memungkinkan perusahaan terhubung dengan pelanggannya secara lebih dekat.

Sementara, dari sisi pengembangan AI (Kecerdasan Buatan), LINE memiliki LINE Brain. Kecerdasan buatan di platform LINE ini melingkupi delapan area utama, meliputi Speech, NLU, Voice, Data, Video, Face, OCR, dan Vision yang semuanya menghadirkan berbagai teknologi yang mempermudah kebihdupan pengguna setia LINE di berbagai negara.

“Teknologi Optical Character Recognition (OCR) milik LINE contohnya telah dibenamkan pada tiga layanan, seperti LINE SPLITBILL, LINE Music, dan LINE CONOMI. Sementara teknolgi kecerdasan buatan di lingkup Voice, telah terdapat di dalam produk Clova, Papago, Gatebox, dan LINE CARNAVI,” jelas Euivin.

LINE BRAIN Dept Lead Shinichiro Isago menambahkan, LINE Brain mengombinasikan teknologi pengenalan wajah melalui Face Sign, AI OCR Accuracy, NLP (Natural Languange Processing), LINE AiCall untuk membuat sistem balasan otomatis oleh AI untuk telepon.

Dengan menghadirkan teknologi AI di sejumlah layanan miliknya, LINE tidak hanya ingin membantu perusahaan lain dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari layanan mereka, melainkan membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah bagi pengguna yang menggunakan layanan tersebut.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top