Technology

LINE Mulai Kembangkan Layanan Berbasiskan Blockchain

LINE Corporation mengumumkan rencana mereka meluncurkan lima aplikasi baru yang terdesentralisasi bernama “dApps”, aplikasi berjenis open-source yang dibangun dengan teknologi blockchain. Kelima aplikasi ini memiliki beberapa kategori layanan, yakni perkiraan, tanya jawab, ulasan produk, ulasan makanan, dan peninjauan lokasi menggunakan media sosial.

Selain itu, LINE akan mulai menawarkan token digitalnya sendiri yang bernama LINK (untuk pasar di luar Jepang) dari pertukaran aset digital global BITBOX mulai 16 Oktober. Bitbox merupakan sebuah layanan token digital dan operasi bisnis yang berhubungan dengan blockchain. Layanan ini dioperasikan oleh LINE Corporation dan LINE Tech Plus Corporation.

Token LINE menggunakan jaringan blockchain yang dikembangkan secara internal oleh LINE, yaitu LINK Chain (MainNet) untuk mengembangkan ekosistem LINK. Bertujuan untuk mempermudah hubungan antara pengguna dan penyedia layanan guna memperomosikan co-creation dan pertumbuhan timbal balik. Jumlah koin yang nantinya diterima tergantung pada penggunaan atau tingkat kontribusi yang dilakukan para pengguna pada setiap layanan.

Selain dapat digunakan untuk layanan-layanan dApp yang lain dalam ekosistem LINK, untuk pengguna di Jepang dapat menukarkan LINK Points dengan LINE Points sebelum menukarkannya ke dalam mata uang Yen yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di lebih dari 94 ribu lokasi di seluruh Jepang dengan LINE Pay, atau melakukan pembelian di berbagai layanan LINE.

Untuk pengguna yang berada di luar Jepang, LINK pun akan tersedia di platform BITBOX mulai 16 Oktober mendatang. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan LINK sebagai alat tukar untuk kepentingan jual beli yang diperoleh sebagai insentif mata uang kripto lainnya di BITBOX.

Sejak peluncuran layanannya pada Juli 2018 lalu, BITBOX memiliki pertumbuhan yang pesat sebagai salah satu layanan global dari sepuluh volume perdagangan tertinggi dunia. LINE juga memperkenalkan LINK Scan, sebuah layanan yang menjamin transparasi koin-koin LINE sehingga mereka dapat melihat jumlah total LINK Point dan LINK yang didapatkan sebagai insentif sesuai dengan kontribusi yang mereka berikan.

Ekonomi Token LINE fokus menyediakan layanan dApp yang berkualitas bagi pengguna, menjamin kepuasan pengguna LINK Point dan LINK, dan menutup jarak antara dunia nyata dan dunia terenkripsi. Meskipun sebagian besar layanan dan konten dibiayai oleh ICO dan diluncurkan di dalam domain blockchain, pada umumnya pasar ini sendiri masih kurang memiliki layanan berkualitas bagi pengguna.

Ekonomi Token LINE hadir sebagai solusi untuk menangani masalah ini dengan menggabungkan berbagai layanan berkualitas tinggi yang ditawarkan oleh LINK Ecosystem sehingga pengguna dapat memeroleh akses cepat dan mudah ke layanan terbaik. LINE juga akan menggunakan teknologi blockchain miliknya untuk menawarkan layanan yang nyaman bagi pengguna, dan membangun serta memperluas mekanisme yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan nilai lebih.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 








To Top