Transportation & Logistic

Lion Parcel Buka TPS One Stop Facility di Batam

Sumber: Lion Parcel

PT Lion Express dengan merek dagang Lion Parcel meresmikan fasilitas Tempat Penimbunan Sementara (TPS) baru di Kawasan Industri Tunas, Sei Panas, Batam pada Jumat (26/07/2019). TPS ini mengadaptasi konsep one step facility guna meningkatkan layanan kepada pelanggan dan mitra Point of Sales (POS) Lion Parcel.

“Terwujudnya TPS ini merupakan realisasi komitmen perusahaan dalam meningkatkan pelayanan. Salah satunya agar kiriman barang bisa jadi lebih cepat,” ujar Farian Kirana, Direktur Utama Lion Parcel dikutip dari siaran resmi.

Sesuai dengan konsep one step facility, TPS ini menerapkan layanan terintegrasi. Seperti kepengurusan perizinan dan kepabeanan yang lebih mudah karena terdapat counter Bea Cukai dalam fasilitas. Menurut Farian, hal ini dapat mempercepat proses pengiriman barang karena semua dilakukan dalam satu atap.

“Dengan adanya TPS one stop facility ini, kami juga mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pemasukan negara. Adanya layanan bea cukai di dalam fasilitas dapat mencegah upaya penghindaran cukai dan pajak. Barang juga akan sesuai dengan tarif cukainya,” lanjut Farian.

Tidak hanya fasilitas kepabeaan, Farian menambahkan bahwa fasilitas ini juga menggunakan mesin X-Ray sebagai langkah preventif pengedaran obat-obatan terlarang. “Lion Parcel berusaha untuk mencegah keterlibatan perusahaan logistik dalam melakukan pelanggaran hukum. Kami juga bekerja sama dengan kepolisian jika terdapat obat-obatan atau zat terlarang lainnya yang dikirim melalui jasa perusahaan kami,” imbuh Farian.

Dalam mengoperasikan fasilitas ini, Lion Parcel menggandeng PT Indoberjaya Logistik sebagai mitra. Perusahaan ini berperan sebagai perusahaan jasa titipan (PJT) di Batam.

“Layanan pengiriman barang erat kaitannya dengan kecepatan perputaran ekonomi. Semakin cepat proses pengiriman, semakin cepat pula roda perekonomian berputar,” kata Pietra Paloh, Komisaris Utama PT IBL.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top