Technology

LOKET: Event Skala Menengah Dongkrak Ekonomi Daerah

Sumber: LOKET

Setiap daerah memiliki gelaran eventnya tersendiri, baik untuk merayakan hari jadi sampai acara keagamaan. Sebut saja Grebeg Maulud di Yogyakarta atau Festival Teluk Sabas di Lampung. LOKET, sebuah platform bagi para event creator menjelaskan bahwa penyelenggaraan event di daerah memberikan multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi daerah. Hadirnya sebuah event daerah turut mendorong tumbuhnya ekonomi baru, yakni melalui sektor F&B, penginapan hotel, merchandise, hingga transportasi.

“Penyelenggaraan event di daerah sekarang semakin masif. Dari catatan pertumbuhan kami di kuartal pertama tahun 2019, terdapat setidaknnya 2.000 penyelenggara event skala menengah sejak awal tahun. 87% di antaranya belum pernah menggunakan Loket.com untuk membuat event. Sementara itu, LOKET mencatat terdapat lebih dari 3.000 event yang berhasil diselenggarakan menggunakan platform Loket.com di kuartal pertama tahun 2019,” ujar Anvid Erdian, VP Business Development LOKET pada acara Pemaparan Raihan Kuartal 1 LOKET di Jakarta, Rabu (15/05/2019).

Anvid melanjutkan untuk segmen penjualan tiket sebagian besar masih didorong oleh event olahraga. Apalagi, kini LOKET menjadi partner ticketing untuk beberapa grup Liga 1 di Indonesia seperti PSS Sleman. LOKET juga didapuk menjadi local partner untuk gelaran International Champions Cup Singapore.

“Di samping platform Loket.com, kami juga mengelola layanan GO-TIX dari super-app ride hailing GO-JEK. Di mana penjualan tiket di sana masih didorong oleh tiket film. Tahun ini, GO-TIX mencatat 82% pertumbuhan penjualan tiket yang dipengaruhi oleh perilisan Avengers: Endgame pada April lalu,” ujar Anvid.

Mendukung pertumbuhan ekonomi daerah lewat penyelenggaraan event, LOKET menyelenggarakan Roadshow ke enam kota di Indonesia sejak bulan Maret 2019 lalu. Kota-kota tersebut adalah Semarang, Malang, Palembang, Lampung, Medan, dan Makassar. Dalam roadshow kali ini, LOKET tidak hanya mengajak event creator profesional, tapi juga mencoba menyentuh bakat event creator di tingkat pentas seni sekolah agar menyelenggarakan event menggunakan platform digital.

“Efeknya luar biasa sekali. Banyak event creator yang mulai menggunakan LOKET untuk menyelenggarakan eventnya dengan lebih profesional. Catatan terbaik kami diraih oleh SMA Negeri 3 Malang yang berhasil mengelola event pentas seni menggunakan platform Loket.com dan berhasil mendatangkan lebih dari 3.000 pengunjung,” pungkas Anvid.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top