Luncurkan #IniBaruJuara, Ruangguru Gaungkan Nilai Pendidikan Inklusif

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
04 Januari 2022
marketeers article
Asian school teacher with students raising hands. Young woman working in school with arm raised, school children putting their hands up to answer question, enthusiasm, eager, enjoyment.
Ruangguru meluncurkan kampanye #IniBaruJuara yang mengusung semangat nilai pendidikan inklusif dalam membangun ekosistem edukasi di Indonesia. Gerakan ini sekaligus menjadi ajakan bagi seluruh pemangku kepentingan di dalam sistem pendidikan Indonesia untuk meredefinisi kembali makna prestasi dan merayakan perubahan diri menjadi versi yang lebih baik.
Gerakan #IniBaruJuara  mengambil dasar survei terhadap 363 responden dari seluruh Indonesia, yang mayoritas meyakini bahwa pendidikan merupakan kunci jaminan kesejahteraan masa depan. Namun, kebanyakan responden menganggap sistem pendidikan terkadang memiliki keberpihakan kepada pelajar dengan ranking lebih tinggi di kelas.
Pendidik mendapat sorotan penting dalam survei yang dilakukan Ruangguru. Mereka diharapkan mampu merangkul semua pelajar dan memberikan materi secara menyenangkan. Melalui gerakan #IniBaruJuara ini, Ruangguru ingin memperkaya wawasan lingkup edukasi Tanah Air sehingga mewujudkan pendidikan inklusif bagi semua pelajar tanpa terkecuali.
“Ruangguru menegaskan pendidikan berkualitas, tidak berjarak, dan fleksibel harus menjadi hak semua siswa. Kami mengerti bahwa kesuksesan dan prestasi memiliki keanekaragaman makna serta menjadi cerminan nilai setiap pribadi siswa,” ujar Ignatius Untung Surapati, VP Marketing Ruangguru dalam kesempatan jumpa media secara virtual pada Selasa (4/1).
Ruangguru Pendidikan inklusif
Semangat mewujudkan pendidikan Indonesia yang inklusif dengan pola pikir pro-growth ditanamkan oleh Ruangguru melalui sejumlah poin dalam gerakan #IniBaruJuara. Salah satunya turut mengajak orang tua dan pendidik berperan penting dalam menanamkan pola pikir tersebut sejak dini sehingga makna prestasi maupun kesuksesan diukur dari segala pencapaian baik besar maupun kecil.
Nilai akademis dan ranking seharusnya hanya berfungsi sebagai tolak ukur pemahaman materi dan menjadi landasan mengatur program studi. Bukan sebagai patokan penilaian kesuksesan dan standar prestasi yang bersifat final. Untung mengingatkan, kesadaran secara bersama akan pendidikan inklusif bisa memberi dorongan kepada siswa untuk berjuang demi kemajuan di segala kondisi dan tantangan untuk menjadi versi lebih baik.
Ruangguru juga menyiapkan ajang interaktif serta bermanfaat bagi pelajar dan mahasiswa di Indonesia untuk mendapatkan inspirasi, terkait perjuangan dan kesuksesan dari berbagai tokoh. Acara interaktif bertajuk Ruangguru Youth Summit itu akan digelar pada 29 sampai 30 Januari 2022 secara virtual.
Editor: Sigit Kurniawan

Related