Communication

Luncurkan Smartphone Murah, BOLT Pacu Jumlah Pelanggan

Dalam meningkatkan jumlah pelanggan, penyedia mobile Internet 4G Long Term Evolution (LTE), BOLT!, meluncurkan smartphone terbarunya dengan merek Powerphone E1. Smartphone yang dibanderol seharga Rp 1 juta ini diklaim sebagai satu-satunya smpartphone 4G LTE termurah di Indonesia sampai saat ini.
 
Smartphone ini melengkapi rangkaian seri smartphone 4G BOLT! sebelumnya yang diluncurkan perdana sejak pertengahan tahun lalu. Seri ini mengandalkan kemampuan 4G dengan dual kartu SIM dan sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Piranti cerdas ini turut dilengkapi dengan layar berukuran 4,5 inci dengan prosesor 1,2 GHz quad-core Snapdragon dan kamera depan dan belakang masing-masing 5 MP. 
 
“Produk ini berspesifikasi tinggi di kelasnya. Dengan kehadiran Powerphone E1, semakin banyak konsumen yang bisa menggunakan layanan 4G. Kami pun menargetkan penguasaan pangsa pasar 20% smartphone di segmen entry level,” kata Larry Ridwan, Chief Commercial Officer PT Internux, di Jakarta, Selasa, (6/7/2015).
 
Target tersebut menurut Larry bukan suatu yang muluk-muluk. Menurutnya, penjualan smartphone di Indonesia setiap bulannya mencapai tiga juta unit. Satu juta unitnya terjual di wilayah Jabodetabek. Dari angka itu, terdapat 200.000 unit smartphone yang dijual di bawah harga Rp 1 juta. “Kalau kami mengharapkan bisa mengambil porsi 20% saja dari 200.000 unit, artinya dalam sebulan penjualan mencapai 40.000 unit. Jadi dalam enam bulan, bisa 2,4 juta unit,” terangnya.
 
Larry mengakui, hingga kini, 90% pelanggan BOLT! berasal dari penggunaan mobile wifi. Ini dianggap wajar, mengingat mobile wifi adalah poduk pertama BOLT! saat melakukan penetrasi pasar 4G pada satu setengah tahun lalu. “Lagi pula, smartphone kami belum banyak beredar tahun lalu. Dengan bermain di smartphone, kami bisa lebih dekat dengan pelanggan,” ucap Larry.
   
Larry pun bilang, sampai Juni 2015, perusahannya mengantongi 1,5 juta pelanggan. Hingga akhir tahun 2015, ia optimis bisa menambah satu juta pelanggan baru, sehingga total menjadi 2,5 juta pelanggan. “Ya, lewat Powerphone inilah kami yakin bisa mencapai pelanggan baru,” tuturnya. 
 
Dia juga menjelaskan, saat ini Average Revenue Per Unit (ARPU) BOLT! mencapai Rp 90.000. Kebanyakan dari pelanggan Bolt gemar mengakses situs video streaming, seperti YouTube. Provider yang berjalan di frekuensi 2.300 MHz ini juga menyatakan, rata-rata data yang dihabiskan per pelanggan mencapai 8GB hingga 12GB.
 
Selain menawarkan Powerphone E1, dalam kesempatan yang sama, BOLT! juga meluncurkan Tablet X1, yaitu tablet pertama BOLT! hasil kerja sama dengan Huawei. Tablet berukuran 7 inci Ful HD ini dibanderol seharga Rp 3 juta. Adapula mobile wifi Hydra yang hadir dengan fitur inteligence display, sehingga pengguna bisa melihat infromasi kuota data yang terpakai pada layar. Mobile wifi tersebut dibanderol seharga Rp 449.000.

MARKETEERS X








To Top