Lifestyle

Manfaat Madu: Pereda Mabuk Hingga Pengantar Tidur

Photo Credits: 123rf

Madu telah lama menjadi zat yang digunakan sebagai bahan untuk menunjang kesehatan. Berbagai olahan madu dapat dengan mudah ditemukan saat ini. Namun, menggunakan madu secara alami tentu akan membawa hasil yang lebih baik dibandingkan ekstrak madu atau olahan. Manfaat madu pun bukan menjadi rahasia umum lagi. Anda mungkin kerap mendengar manfaat madu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, tahukan Anda bahwa madu dapat dimanfaatkan untuk sederet persoalan lain?

Pereda Mabuk

Madu dapat bermanfaat sebagai pereda mabuk.  Beberapa sendok makan madu yang mengandung Fruktosa dapat membantu mempercepat pemulihan metabolisme Anda dari pengaruh alkohol.

Kondisioner Rambut

Anda dapat menambahkan satu sendok madu ke dalam Shampoo Anda. Aplikasikan campuran madu dan shampoo ke rambut Anda, bungkus dengan handuk, dan diamkan selama 20 menit. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Setelah 20 menit berlalu, Anda bisa mencuci rambut Anda dengan shampoo seperti biasa.

Pembersih Wajah yang Ampuh

Mengganti pembersih wajah berbahan kimia dengan madu dapat menjadi pilihan yang tepat, terutama bagi Anda yang ingin berhenti dari ketergantungan terhadap produk kimia tertentu. Madu dapat membersihkan kulit Anda tanpa mengelupas kulit. Lebih dari itu, madu dapat menormalkan produksi sebum sekaligus membantu mengurangi jerawat. Kandungan antibakteri yang terdapat pada madu alami juga berfungsi untuk menenangkan kulit.

Pereda Gangguan Tenggorokan

Anda dapat mengonsumsi tiga sendok makan madu alami ke dalam ┬╝ cangkir air hangat dengan tambahan setengah air lemon atau dua sendok larutan jahe untuk meredakan gangguan tenggorokan, seperti saat suara hilang akibat batuk.

Pemulih Kualitas Tidur

Jika Anda ingin tidur dengan lebih nyenyak dan berkualitas, Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan madu yang telah dicampurkan ke dalam segelas susu hangat sebelum tidur. Hal ini dapat membantu meningkatkan Melantonin dalam tubuh yang dapat membantu Anda tidur dengan lebih berkualitas.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top