Lifestyle

Masa Depan HBO Setelah Kemenangannya di Emmy Awards

HBO sepertinya tengah berbangga hati karena kembali mendapatkan banyak kemenangan di Emmy Awards pada Senin (23/9/2019). Saluran kabel premium milik Warner Media tersebut berhasil meraih sembilan kemenangan sekaligus. Dari banyaknya penghargaan, serial populer Game of Thrones kembali memenangkan piala keempatnya dalam kategori best drama. Serial terbatas Chernobyl juga meraih tiga kemenangan, salah satunya adalah best limited series.

Tetapi, setelah malam kejayaannya, HBO perlu waspada mengenai masa depan mereka. Pasalnya, meskipun HBO berhasil membawa pulang banyak penghargaan dalam Emmy Awards 2019, ia tetap bersaing ketat dengan layanan streaming seperti Amazon dan Netflix.

Kepala Eksekutif Warner Media John Stankey sendiri masih optimistis dengan masa depan HBO. “Kami menginvestasi lebih banyak uang pada HBO karena kami percaya hal tersebut sebagai langkah awal atas apa yang akan kami lakukan selanjutnya. Ini akan menjadi sangat penting untuk layanan kami ke depannya,” ujar Stankey dikutip dari New York Times.

Tetapi tetap saja, saat ini Game of Thrones dan Veep, dua serial populer HBO sudah tidak lagi mengudara. Hal ini dapat berpengaruh bagi masa depan HBO tentunya. Selain itu, beberapa petinggi eksekutif HBO, termasuk Kepala Eksekutif Richard Pleper mengundurkan diri tahun lalu. David Benioff dan Dan Weiss, Produser Game of Thrones juga telah keluar dari HBO. Benioff dan Weiss bahkan telah menandatangani kontrak dengan Netflix bulan Agustus kemarin.

Pada malam Emmy Awards pun bisa terlihat jika layanan streaming tengah berupaya mendominasi industri pertelevisian. Emmy, yang tahun ini ditayangkan di Fox, penuh dengan komersial dari Apple TV Plus, Disney+, Amazon Prime Video, Hulu, dan juga Netflix. Apple menggunakan Emmy untuk memutar beberapa teaser acara terbaru mereka, seperti The Morning Show, See, dan For All Mankind. Sedangkan Disney menggunakan jeda iklan pertama dalam Emmy untuk  mengumumkan bahwa preorder untuk Disney+ sekarang telah tersedia.

HBO mungkin menang dalam jumlah penghargaan yang didapat saat Emmy Awards, tetapi ia tetap diikuti dengan ketat oleh Amazon dan Netflix. Serial komedi buatan Amazon Fleabag bahkan berhasil mengalahkan Veep dalam kategori best comedy. Dan, untuk pertama kalinya setelah tujuh season Veep, Julia Louis-Dreyfus tidak memenangkan best comedy actress dalam perannya sebagai Selina Meyer dan dikalahkan oleh Phobe Waller-Bridge yang mendapatkan tiga piala Emmy pada malam itu.

Namun, dari semua keresahan tersebut, HBO tetap saja HBO yang telah bertahan selama bertahun-tahun. “Saya memiliki pengalaman selama 15 tahun. Saya tidak dapat mengatakan jika saya tidak khawatir, Anda tidak dapat berada dipekerjaan ini tanpa merasa khawatir. Tapi saya merasa optimis dengan masa depan, apa yang telah kami kerjakan selama bertahun-tahun akan terbayarkan,” tutup Casey Bloys, Presiden Pemrograman HBO.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top