Automotive

Mazda MX-30, Mobil Elektrik Pertama Mazda dengan Suicide Doors

Mazda MX-30

Perkembangan kendaraan elektrik makin pesat belakangan ini. Hal ini ditandai dengan banyaknya pabrikan mobil dan motor yang mulai memproduksi kendaraan elektrik. Berbagai inovasi di sektor ini juga tumbuh menjamur.. Salah satu pabrikan yang ikut terjun untuk mengembangkan kendaraan elektrik adalah Mazda.

Sebagai langkah awal dalam membangun mobil elektrik, Mazda meluncurkan MX-30. Mazda pun membuat MX-30 dengan keunikan yang terletak pada desainnya. Mazda membuat MX-30 dengan pintu yang disebut sebagai suicide door. Model pintu ini terakhir kali digunakan oleh Mazda pada RX-8 belasan tahun lalu. 

Mekanisme suicide door terbilang cukup unik. Dilansir dari theverge.com, jenis pintu ini akan membuat ruang untuk masuk semakin luas. Kedua pintu di bagian depan terbuka seperti biasanya, namun pintu di baris kedua terbuka ke belakang. Dengan model seperti ini maka MX-30 tidak lagi memerlukan pilar tengah. 

Suicide door ini bisa dikatakan sebagai daya jual MX-30 di pasaran, karena jika bicara spesifikasinya tergolong tidak istimewa. Crossover elektrik ini dibekali dengan baterai 35.5 kWh yang mampu membawa mobil ini melaju sejauh 130 mil saja. Drivetrain mobil ini pun hanya mampu memproduksi tenaga maksimal 141 bhp. 

Mazda berencana untuk menerima pre-order pada musim panas mendatang dan berharap mobil bisa dikirim ke konsumen di Jepang pda paruh kedua tahun ini dan Eropa pada awal tahun 2021. Sayangnya, sampai saat ini, Mazda belum mengungkapkan harga resmi MX-30, namun perkiraan harganya sekitar US$ 38.500.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top