Technology

Mekari Hadir Sebagai Pendukung Digitalisasi UMKM

Sumber: Mekari

Pemerintah menargetkan delapan juta pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) akan go online pada tahun 2019. Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara November lalu. Program pemerintah itu bertujuan membantu UMKM masuk sebagai merchant pasar online.

Melihat target pemerintah dan perkembangan UMKM, empat startup berbasis cloud asal Indonesia, Talenta, Sleekr, Jurnal, dan Klikpajak dengan visi serupa mengumumkan konsolidasi mereka. Keempatnya resmi menjadi satu dalam sebuah perusahan bernama Mekari. Makna di balik nama itu sendiri adalah keinginan mereka untuk membantu mengembangkan UMKM, membantu mereka untuk mekar.

“Kami melihat sektor UKM di Indonesia saat ini membutuhkan banyak solusi modern untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis perusahaan. Melalui penggabungan ini, Mekari hadir untuk memberikan solusi lengkap bagi UMKM. Sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk UMKM go digital,” ujar CEO Mekari Suwandi Soh.

Chief Procuct Officer Mekari Daniel Witono menjelaskan bahwa untuk saat ini keempat startup itu masih bekerja secara terpisah atau masing-masing. Terlepas dari penggabungan mereka di Mekari. Kendati demikian, ke depannya mereka terus bersiap untuk kemungkinan pengoperasian bersama.

Pemanfaatan teknologi oleh pelaku UMKM Indonesia saat ini masih  terbatas pada aktivitas pemasaran, seperti penggunaan media sosial maupun situs. Melalui konsolidasi ini, Mekari akan memiliki kapasitas yang lebih untuk membantu memberikan solusi teknologi kepada UMKM di bidang pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan finansial. Adopsi teknologi pada area tersebut akan mengoptimalkan proses bisnis sehingga biaya lebih efisien serta produktivitas karyawan maupun bisnis meningkat.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top