Lifestyle & Entertainment

Melihat Kecanggihan Hotel Masa Depan Alibaba

Photo Credits: Marketeers, Alibaba Group

Berkunjung ke Hangzhou, China, ada baiknya jika Anda tak melewatkan kesempatan untuk menginap di hotel masa depan Alibaba, FlyZoo Hotel. Memadukan hospitality dan teknologi, FlyZoo Hotel menawarkan pengalaman menginap super hi-tech bagi para pengunjung.

Berkesempatan melihat cara kerja hotel masa depan Alibaba, Marketeers akan mengajak Anda mengeksplorasi hotel ini lebih jauh. Seperti apa?

Terletak di Kompleks Alimall, Pusat Perbelanjaan “New Retail” Alibaba

New Retail menjadi new darling yang tengah digaungkan Alibaba. Mereka membangun Alimall, pusat perbelanjaan berkonsep New Retail yang terletak berseblahan dengan Alibaba Campus.

Tidak hanya pusat perbelanjaan, kompleks yang terletak di wilayah Xixi ini juga menjadi tempat berdirinya hotel masa depan Alibaba, FlyZoo Hotel.

Menginap di hotel ini, para tamu dapat dengan mudah merasakan pengalaman New Retail di Alimall. Mulai dari berbelanja di toko dengan ruang ganti virtual berbasis AI, menyantap seafood impor segar dari supermarket berbasis big data (Freshippo), hingga menemukan produk-produk kurasi Taobao Select bisa ditemukan di sini.

Bebas Memilih Letak Kamar Hotel

Pemesanan kamar di FlyZoo hotel dapat dilakukan melalui aplikasi FlyZoo. Yang menarik, para tamu dapat memilih lantai, lokasi, dan arah kamar yang mereka inginkan sebelum menginap.

Self-Check In

Berkunjung ke hotel ini, Anda tidak akan menemukan banyak petugas hotel yang berjaga. Pasalnya, hotel ini telah memadukan hospitality dengan teknologi. Para tamu dapat melakukan self service untuk proses check in di hotel ini.

Sementara, para petugas hotel dilengkapi dengan digitalisasi sistem pengelolaan dan operasional. Alhasil, para staf  hotel bisa mengurangi waktu dan tenaga untuk pekerjaan rutin dan fokus menghadirkan pelayanan personal yang lebih spesial.

Para tamu asal Tiongkok dapat melakukan check-in langsung melalui aplikasi dan langsung ke kamar mereka. Sementara, bagi tamu asing, proses check-in dilakukan melalui kios-kios digital yang tersedia di lobi hotel.

Namun, jangan khawatir. Ada satu atau dua petugas yang berjaga di lobi hotel untuk memastikan para tamu dapat melakukan proses check-in dengan baik.

Akses Hotel dengan Facial Recognition

Tidak ada lagi persoalan kartu akses yang hilang, FlyZoo hotel menggunakan face recognition sebagai akses hotel.

Saat proses check-in dilakukan, teknologi pengenalan wajah akan mendeteksi wajah tamu. Selanjutnya, sistem pengenalan wajah akan menjadi akses bagi para tamu untuk mengaktifkan lift, bersantap di restoran, serta mengakses kamar dan berbagai fasilitas hotel.

Bagi tamu yang ingin tetap menggunakan kartu, pihak hotel juga masih menyediakannya.

Pelayanan oleh Robot

Layanan pengiriman makanan dan barang-barang lain dilakukan oleh robot khusus. Robot tersebut akan mendatangi kamar tamu dan menyediakan barang-barang yang dibutuhkan. Selain itu, robot ini juga digunakan di restoran hotel untuk membantu menyajikan hidangan.

Robot Barista, Bartender, hingga Pembuat Es Krim

Kafe di FlyZoo Hotel memanfaatkan kemampuan robot untuk membatu operasional mereka.

Robot di tempat ini dapat membuat racikan minuman sesuai perintah pekerja. Mulai dari membuat kopi hingga minuman beralkohol bisa dilakukan.

Terdapat pula sebuah ice cream vending machine dengan robot di dalamnya yang siap menyajikan es krim bagi para pembeli.

Speaker Pintar Tmall Genie

290 kamar dengan lima tipe berbeda yang ada di hotel ini dilengkapi dengan speaker pintar, Tmall Genie. Tmall Genie dapat digunakan untuk membantu aktivitas para tamu di dalam kamar. Mulai dari mengatur suhu kamar, lampu, gorden, hingga pengoperasian TV.

Fasilitas Gym Masa Depan

Super hi-tech, fasilitas gym FlyZoo Hotel dilengkapi dengan berbagai permainan yang membuat aktivitas olahraga lebih menyenangkan.

Terdapat layar superbesar di dinding dan lantai ruangan yang akan menghadirkan pengalaman berolahraga yang menyenangkan bagi para tamu. Instruktur virtual siap memandu para tamu melalui layar-layar yang tersedia.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung? Siapkan bujet sekitar US$ 205 (lower price) untuk menikmati pengalaman menginap di hotel masa depan Alibaba.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X