Media

Memaknai Kartini Lewat Komik Digital

Sumber: Pendidikan.id

Sosok Raden Adjeng Kartini sangat melekat kuat di masyarakat sebagai sosok perempuan yang hebat dengan ide-ide emansipasinya. Bertahun-tahun Kartini menjadi role model bagi perempuan di Indonesia dalam menjalankan perannya baik di rumah maupun di tengah masyarakat sosial. Dalam rangka merayakan Hari Kartini yang jatuh tahun ini, sebuah portal edukasi merilis cerita Kartini dengan cara yang kreatif dan kekinian.

Bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Jawa Timur, portal edukasi Pendidikan.id merilis komik digital yang menceritakan perjalanan hidup Kartini hingga dirinya menjadi tokoh emansipasi perempuan di Indonesia. Komik ini bisa diakses melalui laman kartini.pendidikan.id.

Komik berjudul Pejuang Emansipasi Wanita menjadi cara Pendidikan.id untuk menanamkan nilai-nilai patriotisme yang ada di dalam diri Kartini. Komik ini juga menceritakan berbagai aspek kehidupan Kartini, termasuk berbagai aturan yang dibebankan kepada kaum perempuan pada masa kolonialisme Belanda. Komik ini juga menjadi cara untuk membangun keinginan membaca bagi masyarakat Indonesia.

“Masyarakat Indonesia lebih terbiasa dengan mendengarkan dibanding membaca. Melalui komik ini, kami berharap dapat mengubah kebiasaan generasi muda dengan membaca konten-konten positif. Jika membaca sudah menjadi kebiasaan, saya yakin karakter masyarakat juga akan semakin berkembang karena mereka akan memiliki budaya literasi,” ujar Hermawan, Kepala MGMP Sejarah Jawa Timur dalam rilis pers.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top