Uncategorized

Mengenal Desa Sejahtera Astra di Tengah Samudera

Sumber: Astra

Astra melalui program Kampung Berseri Astra sejak tahun 2013 mengembangkan kampung terpadu dengan mengintegrasikan empat pilar program kontribusi sosial Astra yang berkelanjutan, yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan. Harapannya, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama-sama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Selain itu, dimulai tahun 2018 Astra juga menjalankan program Desa Sejahtera Astra yang khusus melakukan kegiatan peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa.

Desa Sejahtera Astra turut hadir di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, dengan empat tujuan utama, yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat, menambah penyerapan tenaga kerja baru serta terbentuknya kelembagaan bagi kelompok nelayan.

Sejak April 2018 hingga saat ini, pembinaan di 14 desa di Kabupaten Tanimbar berhasil membentuk sepuluh kelompok usaha bersama, menyerap 35 orang tenaga kerja baru, meningkatkan 32% pendapatan nelayan dan total 1.175 orang terpapar program ini.

Di Kabupaten Buru, pembinaan 14 desa berhasil membentuk enam kelompok usaha bersama, menyerap 75 orang tenaga kerja baru, meningkatkan 48% pendapatan nelayan dan total 1.053 orang terpapar program ini.

Pembinaan yang dilakukan Astra berupa penanganan hasil tangkapan dari jaring ke kapal, dari kapal ke daratan, pengaturan keuangan dan advokasi kelompok sampai mendapat pendanaan dari pemerintah. Astra juga memberi bantuan berupa 28 chest freezer dan 140 cooler box untuk dua kabupaten ini. Acara penyerahan bantuan dilakukan pada Maret 2019 dan dihadiri perwakilan Kementerian Keuangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemerintah kabupaten setempat serta Grup Astra.

Khusus di Kabupaten Buru, anak perusahaan Astra yaitu PT Patria Perikanan Lestari Indonesia turut membeli hasil tangkapan mereka. Transaksi terakhir mencapai 3,7 ton. Saat ini, terdapat 363 Desa Sejahtera Astra dan 80 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Desa Sejahtera Astra fokus di pemberdayaan kewirausahaan tingkat desa, sedangkan Kampung Berseri Astra fokus di empat pilar kontribusi sosial Astra yaitu kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan.

Salah satu hal yang berkesan selama pembinaan selain bantuan alat produksi yang diberikan Astra adalah intensitas pendampingan yang dilakukan oleh Astra melalui fasilitator.

“Apa yang dilakukan teman-teman fasilitator sangat menginspirasi kami. Semoga kami bisa tambah mandiri dan tambah baik lagi dalam penanganan ikan maupun keuangan,” ujar Marthen, salah satu nelayan di Kepulauan Tanimbar.

Pada prinsipnya, apa pun kegiatan yang dilakukan Astra harus memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top