Consumer Goods

Menilik Efektivitas Kampanye World Without Waste Coca-Cola

Isu sampah kemasan plastik semakin berkembang, terutama di Indonesia. Masalah ini merupakan persoalan yang membutuhkan solusi untuk dihadapi secara bersama. Pada tahun 2018, The Coca-Cola Company memelopori komitmen ‘World Without Waste’ yang digerakkan oleh sebuah visi global untuk membantu mengumpulkan dan mendaur ulang (recycle) kemasan produk.

World Without Waste merupakan inisiatif yang menjadi prioritas utama bagi kami di Indonesia, di ASEAN, dan di seluruh dunia,” terang Belinda Ford, ASEAN Public Affairs, Communications & Sustainaibility Director Coca-Cola ASEAN.

Ia meyakini permasalahan limbah kemasan plastik dapat diselesaikan. Menurutnya, kolaborasi untuk mencapai Ekonomi Sirkular adalah kunci dari upaya ini. Dengan memproduksi kemasan botol yang dapat sepenuhnya didaur ulang dan digunakan kembali.

Coca-Cola Indonesia telah melakukan sebuah penelitian terkait perilaku masyarakat dalam hal pengelolaan limbah dan daur ulang, khususnya di DKI Jakarta. Data yang terhimpun menunjukkan  70% masyarakat DKI Jakarta memiliki pemahaman awal tentang nilai botol PET pasca konsumsi. Ini merupakan titik awal yang baik untuk bergerak menuju ekonomi sirkular bagi botol dan kemasan plastik.

Menurut Triyono Prijosoesilo, Public Affairs and Communications Director Coca-Cola Indonesia, beberapa hal telah dilakukan Coca-Cola Indonesia khususnya dalam hal Design-Collect-Partner yang dimulai dengan mendesain kemasan agar dapat didaur ulang dan memiliki sirkularitas.

“Kami fokus pada percepatan pengumpulan dan daur ulang untuk mendukung ekonomi sirkular. Tak hanya itu, kami juga menjalin kemitraan dengan industri, pemerintah, masyarakat sipil, dan masyarakat umum untuk mewujudkan semua ini. Bersama-sama, kita dapat memecahkan permasalahan limbah plastik di Indonesia,” tambah Triyono.

Mempercepat pengumpulan plastik bernilai tinggi seperti PET merupakan langkah penting untuk mendukung keberhasilan Ekonomi Sirkular di Indonesia. Coca-Cola Indonesia menjalankan perannya dalam mendukung Ekonomi Sirkular dengan melakukan berbagai pendekatan.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top