Opinion

Menilik Peran Government Relations Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Saat ini, peran public relations (PR) semakin berkembang. Tidak sedikit perusahaan yang saat ini menambahkan divisi government relations, baik itu di bawah divisi public relations atau pun di luarnya.

Perlu diingat bahwa yang dimaksud dengan government dalam lingkup PR tidaklah sebatas pejabat eksekutif saja. Kata ini bisa merujuk pada seluruh komponen penyelenggara sebuah pemerintahan, baik legislatif dan yudikatif. Bahkan, institusi seperti kepolisian dan militer. Pihak-pihak inilah yang sudah seharusnya menjadi perhatian para praktisi PR.

“Saat ini, di dalam tim PR sudah seharusnya memiliki government relations. Dengan memiliki government relations, PR bisa menginformasikan kepada pemerintah bahwa siapa dan apa sebenarnya perusahaan Anda ini,” ujar Prita Kemal Gani, Founder & Director London School of Public Relations

Secara garis besar, tugas dari government relations adalah mengenali berbagai lembaga pemerintah, mengenali struktur dan birokrasinya, dan tidak lupa untuk memenuhi persyaratan atau peraturan. Fungsi dari government relations juga membangun komunikasi dengan pemerintah, dengan pejabatnya baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Dalam mendekati, PR harus bisa memahami isu-isu apa yang saat ini sedang menjadi fokus pemerintah. Dengan memerhatikan fokus tersebut, maka perusahaan akan lebih mudah dikenal oleh pemerintah. Menurut Prita, mendekati pemerintah tidak sekadar menggelontorkan dana untuk mensponsori sebuah acara.

Dalam membangun hubungan dengan lembaga, PR harus bisa memberikan informasi terbaru kepada pemangku kepentingan. Informasi yang disampaikan antara lain adalah latar belakang dan informasi mengenai isu terkait, laporan keuangan, lingkungan, dan laporan khusus lainnya.

“Kita sebagai PR harus bisa melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan pemerintah mengenai informasi dan bisnis apa yang sedang kita kerjakan. Semisal, kita sedang mengambil sumber dari mata air atau melakukan ekplorasi di kawasan tertentu,” tambah Prita.

Selain itu, mereka juga harus update dengan informasi terbaru dari pemerintah, baik itu hadir dalam kegiatan dengar pendapat atau kegiatan lainnya yang terkait dengan industri perusahaan Anda beroperasi. Tidak ketinggalan, memberikan laporan dan informasi yang relevan. Hal ini bisa membantu pemerintah dalam mengambil keputusan.

Jangan lupa, government relations harus senantiasa melakukan review setiap peraturan dan hukum yang disahkan. Government relations harus memahami inti pesan perusahaan. Lalu hal ini dikaitkan dengan isu berkembang yang mengacu pada regulasi. Tidak ketinggalan, pesan tersebut harus dikemas dengan baik agar sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan masyarakat.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top