Menperin Dorong Jakarta Auto Week 2022 Tingkatkan Penjualan Otomotif

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
17 Maret 2022
marketeers article
Pameran otomotif Jakarta Auto Week 2022 resmi dibuka pada 15 Maret 2022. Ajang ini memegang peranan strategi dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif di Tanah Air. Harapan ini disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang. Menperin berharap, ajang ini dapat membawa beragam nilai tambah dan meningkatkan nilai transaksi produk otomotif.
Harapan Menperin pun disambut dengan optimistis oleh Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO. Nangoi mengatakan bahwa industri otomotif akan terus berupaya untuk terus mempertahankan kinerja penjualan. Salah satu upaya untuk mendorong dan menjaga momentum bangkitnya industri otomotif Indonesia adalah lewat penyelenggaraan pameran otomotif Jakarta Auto Week, yang fokus untuk mendorong penjualan kendaraan pada semester pertama tahun ini.
”Kami berharap agar penyelenggaraan Jakarta Auto Week 2022 dapat memberikan dorongan baru dan berkontribusi terhadap angka penjualan disektor industri otomotif Indonesia,” ucap Nangoi.
Nangoi juga menyampaikan bahwa ke depannya, Jakarta Auto Week akan menjadi rencana berkelanjutan GAIKINDO untuk menjaga gairah pasar otomotif di Indonesia. Dari sini, JAW dirancang sebagai tempat bagi pelaku industri otomotif Indonesia memberikan berbagai program promosi terbaik, dan berkontribusi dalam upaya mendorong pencapaian angka penjualan pada awal tahun ini.
Diikuti oleh mayoritas merek kendaraan anggota GAIKINDO, seperti Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling, JAW menampilkan berbagai produk dengan promo serta penawaran terbaik dari merek-merek tersebut.
Peluncuran Mobil Baru
Tidak hanya memberikan promo terbaik, kendaraan baru juga diperkenalkan dalam ajang JAW kali ini. Seperti yang dilakukan oleh KIA. Pabrikan asal Negeri Gingseng ini meluncurkan KIA Carens di JAW 2022. KIA Carens terbaru ini hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu Smartstream 1.4 T–GDI berbahan bakar bensin, serta 1.5 CRDi VGT yang berbahan bakar diesel.
Secara dimensi, Carens memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm, serta jarak sumbu roda 2.780 mm. Carens diperkirakan bakal dijual pada kisaran harga Rp 350-400 jutaan dan sudah bisa dipesan langsung pada booth KIA di ajang Jakarta Auto Week.
Tak mau kalah dalam mencuri perhatian pengunjung, Lexus pun melakukan peluncuran mobil barunya yakni The All New NX. Ada dua model yang ditampilakan pada ajang JAW, yakni The All New Lexus NX 350h F Sport dan The All New NX 350h Luxury. Mobil baru ini berbasis listrik dengan dilengkapi teknologi Lexus Hybrid Electric Drive generasi keempat yang menghasilkan kombinasi optimal antara tenaga listrik dan bahan bakar minyak.
The All New Lexus NX dilengkapi dengan Lexus Safety System Plus generasi ketiga, dengan fitur active safety suite seperti Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), dan Adaptive High Beam System (AHS) yang dapat mengantisipasi kejadian dan membantu pengemudi selama dalam perjalanan.
Untuk para pengunjung, JAW  dibuka mulai pukul 11.00-21.00 WIB untuk weekdays dan pukul 10.00-21.00 untuk weekend. Pengunjung yang hadir harus memastikan telah memenuhi beberapa syarat berikut, untuk pengunjung yang berusia 12 tahun ke atas telah memenuhi vaksin lengkap 2x dosis dan minimal 1x dosis untuk anak berusia 6-12 tahun. Serta, telah terdaftar di aplikasi PeduliLindungi. Pengunjung juga diwajibkan memakai masker, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak selama berada di area pameran.
Program Test Drive
Bagi pengunjung yang penasaran dengan lini produk yang hadir di JAW 2022, program Test Drive juga dihadirkan yang bertempat di Loading Dock Hall B JCC dan Area Parkir GBK. Adapun mobil-mobil yang dapat dicoba pada arena test drive adalah Daihatsu Rocky, All New Xenia, Honda All New BRV, Hyundai Kona, Hyundai Santa Fe, Hyundai Staria, Hyundai Creta, Hyundai Palisade, Isuzu D-Max, Isuzu MU-X.
Lalu, pengunjung juga bisa mencoba KIA Sonet, KIA Carnival, KIA Seltos, Mazda CX-3 dan CX-9, Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Pajero, MG HS i-Smart, MG ZS, Nissan Kicks, Nissan Leaf, Suzuki All New Ertiga, Suzuki XL7, Toyota Veloz, Toyota Raize, Wuling Almaz dan Cortez.
Untuk melakukan test drive, pengunjung hanya perlu mendaftar dan memilih jenis mobil yang ingin dikendarai melalui aplikasi Auto360 dan setelah itu hanya perlu membawa bukti registrasi dari aplikasi dan ditunjukkan kepada panitia test drive.
Dan perlu diketahui, tiket Jakarta Auto Week 2022 hanya dijual secara online pada aplikasi GIIAS Auto360, yang tersedia pada Appstore dan Playstore. Untuk tiketnya akan terbagi menjadi tiket weekdays Senin-Jumat seharga Rp 50.000 dan tiket weekend yang berlaku pada Sabtu-Minggu seharga Rp 70.000.

Related