Technology

Meski Pasar Melemah, Pendapatan Xiaomi Naik 13%

Xiaomi mengumumkan pendapatan selama tiga bulan pertama tahun 2020 mencapai Rp 102,9 triliun. Angka ini tumbuh 13,6% secara tahunan. Laba bersih Xiaomi mencapai Rp 4,7 triliun meningkat 10,6% secara tahunan.

Menurut riset Canalys, Xiaomi sukses melalui pelemahan pasar. Rasio penetrasi ponsel pintar berteknologi 5G dari Xiaomi di China mencapai 25,9%.

Bagi pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun, meski industri menghadapi tantangan yang serius, Xiaomi masih bisa tumbuh di seluruh segmen terlepas pelemahan pasar, yang bisa menggambarkan model bisnis Xiaomi yang fleksibel, ulet, dan kompetitif.

“Kami percaya bahwa sebuah krisis bisa menjadi ujian sesungguhnya dalam menguji prinsip, model bisnis, dan potensi pertumbuhan sebuah perusahaan. Seiring dampak pandemi yang semakin mereda, kami akan terus berfokus pada strategi ‘5G + AIoT’ dan memperkuat investasi kami,” terang Lei Jun.

Kesuksesan Xiaomi bisa dilihat dari beberapa aspek. Salah satunya adalah strategi dual-brand, seperti produk Mi 10 dan Mi 10 Pro.

Pengapalan Mi 10 dan Mi 10 Pro melampaui 1 juta unit dalam waktu dua bulan setelah diluncurkan bulan Februari 2020. Brand Redmi terus memperkenalkan produk yang kompetitif dalam berbagai rentang harga.

Pada kuartal pertama tahun 2020, pendapatan Xiaomi dari segmen ponsel pintar mencapai Rp 62,7 triliun tumbuh 12,3% secara tahunan.

Untuk segmen IoT, pendapatannya mencapai Rp 26,9 triliun. Xiaomi terkenal dengan beragam produk elektronik lainnya yang mengusung konsep IoT. Harga yang terjangkau dan ketersedian varian barang yang beragam membuat produk Xiaomi semakin melejit.

Xiaomi pun kini semakin dipercaya oleh konsumen dari beragam negara, tidak hanya di China saja. Pendapatan Xiaomi dari luar China meningkat 47,8% secara tahunan menjadi 24,8 Rp 51,4 triliun pada kuartal pertama 2020 atau kontribusinya mencapai 50% dari pendapatan total. India, Spanyol, Italia, Prancis, dan Jerman menjadi negara yang menyumbang kontribusi besar bagi bisnis Xiaomi.

MARKETEERS X








To Top