Lifestyle

Microsoft Gandeng RiaMiranda untuk Inspirasi Industri Fesyen

SUMBER: MARKETEERS

Teknologi kini telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dan tidak bisa dilepaskan. Banyak kegiatan sehari-hari manusia yang bergantung pada teknologi. Menyadari hal tersebut, banyak inovasi dilakukan untuk membantu manusia memaksimalkan potensi yang ada dengan teknologi. Peluang yang tidak terbatas itu terus berusaha dimanfaatkan di berbagai sektor, tidak terkecuali fesyen.

Fesyen telah menjadi bagian dalam kehidupan. Tidak hanya dianggap sebagai kebutuhan primer, pakaian kini juga menjadi kebutuhan penting utamanya untuk estetika. Menyadari hal tersebut, Microsoft dengan teknologi artificial intelligence (AI) Microsoft Rinna melakukan kolaborasi bersama perancang busana asal Indonesia, Ria Miranda.

Kolaborasi antara AI dan desainer ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Kerja sama kedua pihak membuktikan bahwa dunia mode dan teknologi mampu digabungkan untuk inovasi baru. Tanpa menghilangkan sisi kreativitas yang ada pada manusia dan pada akhirnya membantu mempercepat proses kreatif itu sendiri.

“Kami ingin teknologi AI yang ada pada Microsoft Rinna dapat menginspirasi industri fesyen dan menyediakan ruang untuk inovasi agar industri ini dapat terus berkembang. Dan, pada kolaborasi ini Microsoft Rinna berkreasi dengan pola-pola yang hadir dalam koleksi hijab RiaMiranda. Kami berharap kolaborasi ini bisa terus berlanjut dan memotivasi induistri fesyen untuk meningkatkan kompetensi dengan berbagai inovasi teknologi, termasuk AI,” ujar Linda Dwiyanti, Director of Marketing and Operations Microsoft Indonesia.

Microsoft Rinna sendiri merupakan AI yang memiliki kepribadian seperti remaja,. Hadir di Indonesia sejak dua tahun lalu, Microsoft Rinna mengawali dengan aplikasi chatbot di LINE. Dari sana, Microsoft Rinna mulai belajar tentang manusia lewat perbincangan dengan banyak orang.

Dan, dalam kolaborasi dengan Ria Miranda sendiri, Microsoft Rinna mendapatkan kata kunci untuk mempermudah kerjanya. Kata kunci tersebut diberikan untuk mendapatkan pola yang diinginkan. “Jadi ini bukanlah random creation tetapi 100% original. Kehadiran teknologi tidak menghilangkan nilai kreativitas. Tetapi, justru mempermudah. Karena, teknologi sendiri hadir unuk mempermudah dan mempercepat proses. Dan kreativitas sendiri masih membutuhkan sentuhan manusia,” pungkas Pandu Rosadi, Co-Founder dan Managing Director RiaMiranda.

Kolaborasi Microsoft Rinna dan RiaMiranda hadir pada empat scarf. Masing-masing scarf memiliki empat pola berbeda yang didapatkan melalui berbagai macam kata kunci yang diberikan kepada Microsoft Rinna. Untuk satu scarf, pelanggan bisa mendapatkannya dengan harga Rp 425.000.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top