Communication

Microsoft Segera Integrasikan Alexa ke Windows 10

Sumber: 123rf

Microsoft membuka peluang bagi Windows 10 untuk menerima asisten digital dari pihak ketiga. Pada pembaruan Windows 10 paling lambat September mendatang, Microsoft akan mengizinkan voice assistant seperti Alexa milik Amazon untuk aktif pada lockscreen. Perubahan ini akan membuat PC aktif ketika seseorang mengaktifkannya lewat suara.

Mengutip dari The Verge, perubahan ini memang cukup kecil. Tetapi, ini menunjukkan bahwa Microsoft siap untuk menggunakan asisten suara digital untuk Windows 10. Amazon juga sudah mengaktifkan wake word pada Alexa untuk aplikasi Windows 10 mereka awal tahun ini.

Perubahan terbaru Microsoft diikuti perubahan yang terdapat pada Cortana. Langkah tersebut diambil untuk memisahkan asisten pribadi cerdas yang dikembangkan Microsoft itu sebagai aplikasi berbeda. Pengintegrasian Alexa di Windows ini bukanlah kerja sama perdana Amazon dengan Microsoft. Sebelumnya keduanya telah bekerja sama untuk pengembangan Cortana dan Alexa.

Microsoft memiliki visi baru untuk Cortana. Mereka ingin melibatkan obrolan dan interaksi sebagai bagian dari software dan layanan yang akan ditawarkan Microsoft untk bisnis. Ini artinya Cortana dapat memerankan peran lebih besar pada bisnis software.

Namun, dikhawatirkan pada akhirnya Cortana akan menjadi sama seperti asisten digital lainnya yang bisa digunakan di Windows 10. Microsoft hingga kini masih terus memperbarui sejumlah asisten digital. Proyek mereka diperkirakan rampung pada September mendatang.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top