Lifestyle

Mie Atep, Santapan Wajib Wisatawan di Belitung

Photo Credits: Marketeers

Berkunjung ke Kabupaten Belitung, tak lengkap rasanya jika Anda tak mencicipi kelezatan Mie Belitung. Salah satu destinasi kuliner yang bisa Anda kunjungi adalah Mie Atep dengan popularitas yang tak diragukan lagi.

“Kalau kata orang, belum sah jika ke Belitung belum makan Mie Atep,” ungkap Atep, Pemilik Mie Atep Belitung kepada Marketeers beberapa waktu lalu.

Hadir sejak 1973, ciita rasa Mie Atep masih tetap sama. Resep ini diwarisi pemilik Mie Atep secara turun-menurun kepada anak-anaknya. Alhasil, Mie Atep Belitung masih menjadi destinasi kuliner andalan wisatwan lokal dan internasional untuk memanjakan lidah.

Seporsi Mie Atep hadir dengan daun Simpor yang menjadi alas sajian Mie Atep. Daun Simpor sendiri merupakan tanaman endemik yang menjadi ciri khas Belitung. Daun ini memberikan aroma khas nan segar yang dapat membuat sajian makanan kian menggoda.

Di atas daun Simpor, mie kuning rebus tersaji lengkap dengan lauk dan kuah kaldu udang yang menggoda. Potongan kentang rebus, udang, timun dan tahu goreng di atas mie kuning dengan kuah kaldu nan panas menggugah rasa lapar dan penasaran Anda.

Paling lengkap jika Mie Atep disantap bersama Es Jeruk Kunci. Meski terlihat sederhana, minuman ini tak kalah segar dari jenis jeruk lain. Mencicipi minuman ini kian jadi keharusan. Mengingat, jeruk kunci menjadi salah satu jenis buah asli Belitung.

Popularitas Mie Atep telah berulang kali diliput televisi lokal dan internasional. Pemilik Mie Atep bercerita, deretan public figure pun telah datang menyantap resep andalannya. “Mantan Presiden Mega Wati pernah datang ke sini. Artis-artis lain yang tak terhitung jumlahnya juga berulang kali datang, seperti Bondan Winarno, Dorce, Andy F. Noya,” ungkap Atep.

Terletak di sekitar Bundaran Satam, Tanjung Pandan, Belitung, tak sulit bagi Anda untuk menemui kedai Mie Atep. Hanya perlu merogoh kocek Rp 18 ribu, Anda bisa langsung menikmati salah satu kuliner terpopuler di kawasan Belitung.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top