Millennials Pilih Reksa Dana Sebagai Instrumen Investasi Masa Depan

profile photo reporter Ramadhan Triwijanarko
RamadhanTriwijanarko
25 April 2018
marketeers article
Tren investasi di kalangan millennials kian meluas sehingga pasar modal tanah air kini mulai diminati oleh para investor muda. Bukalapak menangkap tren tersebut dengan menghadirkan layanan BukaReksa.
“Bukalapak melalui BukaReksa mentransfromasi investasi tradisional menjadi digital. Persyaratan dan akses yang sederhana memberikan kemudahan bagi seluruh kalangan masyarakat yang ingin berinvestasi dan tentunya mendorong tren investasi di kalangan millennial. Anak muda harus cakap mengatur rencana finansial dan bijak dalam mengalokasikan pendapatan,” kata Destya Pradityo, Head of Payment and Financial Services Bukalapak.
BukaReksamerupakan fitur Bukalapak yang menyediakan produk reksa dana untuk pengguna Bukalapak. Sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2017, BukaReksa telah menyediakan 10 produk reksa dana dengan berbagai pilihan risiko dan return yang menarik serta telah berhasil menjaring hampir 100 ribu investor yang bergabung di BukaReksa.
Bukalapak melihat adanya tren yang semakin positif akan minat investasi di kalangan millennial yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Dari hampir 100 ribu investor yang telah bergabung di BukaReksa, 80%-nya adalah kaum millennials.
Reksa dana sangat diminati oleh para investor muda di Bukalapak, karena return yang agresif dibandingkan instrumen investasi yang lain. Terlebih lagi BukaReksa menerapkan minimum investasi Rp 10.000 yang sangat terjangkau oleh kalangan pekerja muda pemula yang tertarik untuk berinvestasi melalui reksa dana.
“Investasi dalam bentuk digital merupakan sebuah inovasi yang sangat menarik, itu pula salah satu alasan Ashmore secara eksklusif bergabung dengan BukaReksa sebagai penyedia produk investasi. Produk Ashmore khususnya reksa dana merupakan produk yang paling banyak diminati oleh kaum millennials tanah air karena reksa dana merupakan investasi yang sangat likuid sehingga cocok dengan karakter millennials yang lincah dan fleksibel,” jelas Felicia Iskandar, Senior Sales and Marketing Distribution PT Ashmore Assets Management Indonesia.
Senada, Aakar Abyasa selaku Founder dan CEO Jouska Indonesia menilai bahwa millennial memiliki karakter yang mobile dan fleksibel karena memang telah melalui beberapa generasi berbeda, mulai dari konvensional hingga digital. “Perlu diingat bahwa hidup ada naik dan turun, sehingga kita harus siap dengan bekal yang dipupuk sedari muda, salah satunya adalah dengan investasi”, tutur Aakar.
Bukalapak berharap fitur BukaReksa dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Bukalapak merangkul anak muda untuk cerdas dalam mengolah keuangan. Agar tidak menjadi korban tren, bijaklah dalam berinvestasi dan pilihlah intrumen investasi yang paling sesuai dengan profil masing-masing,” tutup Destya.
Editor: Sigit Kurniawan

Related