Automotive

Moladin: Motor Masih Jadi Andalan Pekerja Komuter

Moladin

Sepeda motor masih menjadi moda transportasi yang masih dilirik oleh para pekerja komuter sebagai sarana transportasi sehari-hari. Menurut data yang dihimpun oleh Katadata, jumlah sepeda motor yang berada di Jakarta mencapai 10,82 juta unit pada tahun 2012. Angka ini kemudian meningkatkan sampai 13,3 juta unit pada 216.

Dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 5,3% per tahunnya, bisa diperkirakan jumlah sepeda motor di Jakarta bisa mencapai 14 juta unit pada tahun 2017 dan 14,74 juta unit pada tahun 2018. Ada beberapa alasan kenapa moda ini masih menjadi alternatif yang menarik sebagai sarana transportasi sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Moda pengumpan ke transportasi umum

Harus diakui transportasi umum di Jakarta saat ini sudah beberapa langkah lagi menuju status idealnya sebagai sarana transportasi yang memadai untuk kota metropolitan. Armada dan rute Transjakarta yang semakin bervariasi, Commuter Line yang bebas tanpa hambatan kemacetan, sampai MRT yang revolusioner. 

Namun, transportasi umum masih belum mencapai titik-titik rumah para pekerja komuter yang berada di wilayah penyangga. Mereka tetap membutuhkan kendaraan bermotor untuk setidaknya sebagai akses ke stasiun atau halte terdekat. 

Sepeda motor bisa mengisi kekosongan ini dengan sangat baik. Apalagi saat ini telah tersedia sarana park and ride di beberapa titik wilayah penyangga ataupun di dekat stasiun MRT atau Commuter Line.

Jenis sepeda motor yang bervariasi

Lebih dari 50 variasi motor baru dirilis oleh para pabrikan motor di Indonesia. Mulai dari motor matic, scooter, sports, sampai seri motor trail. Motor-motor baru yang bervariasi ini menjadi daya tarik sendiri bagi para pekerja komuter untuk memilih varian mana yang cocok dengan perjalanan mereka sehari-hari. 

Motor dengan transmisi matic masih menjadi primadona menggeser model bebek karena mudah dikendarai dan nyaman untuk diajak macet-macetan di jalan raya. 

Menjamurnya forum dan komunitas motor 

Selain bengkel, forum-forum di internet menjadi tempat bertemunya para pengguna motor dari merek tertentu sampai varian tertentu untuk berbagi informasi dan tips-tips penting untuk perawatan motor mereka. Tak jarang, ada komunitas yang akhirnya terbentuk dari forum-forum otomotif di dunia maya. 

Kehadiran forum ini bisa menjembatani orang-orang yang tidak memiliki waktu luang di bengkel untuk mengumpulkan informasi penting seputar motor mereka. Kemudahan akses informasi ini membuat sepeda motor menjadi moda yang masih menarik untuk digunakan para pekerja komuter. 

Kemudahan mencari suku cadang

Biaya perawatan bulanan tentu menjadi variabel yang diperhitungkan para pekerja komuter dalam menggunakan transportasi pribadi untuk beraktivitas sehari-hari. Pada umumnya, sepeda motor memiliki biaya perawatan bulanan yang terjangkau. 

Selain itu, suku cadang pada sepeda motor relatif mudah dicari dan memiliki harga yang bervariatif. Bahkan, pencarian suku cadang ini bisa dilakukan melalui online melalui platform motor yang ada saat ini.

Proses jual-beli yang mudah dilakukan

Peningkatan jumlah sepeda motor dengan rata-rata 5,3% per tahunnya di Jakarta merupakan bukti tanya bahwa proses jual-beli sepeda motor semakin mudah dilakukan. Selain melalui cara konservatif, saat ini orang-orang juga bisa memanfaatkan sistem penjualan dan permohonan kredit motor secara online, baik melalui web atau pun aplikasi motor. Kini, Anda tak perlu lagi mendatangi diler untuk membeli motor karena semuanya bisa dilakukan melalui smartphone.

Menangkap fenomena tersebut, Moladin melalui aplikasinya menghadirkan berbagai informasi menarik. Lewat aplikasi yang ditujukan khusus untuk pengguna sepeda motor ini, Anda bisa mendapatkan informasi yang penting dan berguna seputar sepeda motor. 

“Moladin hadir untuk membuat hidup bikers di Indonesia jadi lebih mudah,” jelas Jovin Hoon selaku Co-Founder Moladin.

Baginya, Moladin menjadi aplikasi serba ada bagi para bikers di Indonesia. Mulai dari menemukan penawaran motor baru atau bekas yang dilengkapi dengan info spesifikasi dan harga, pencarian suku cadang, aksesori, dan apparel, sampai forum dan komunitas semuanya ada di Moladin. 

“Melalu platform online ini, para bikers memiliki wadah untuk mendapatkan informasi seputar dunia motor sekaligus berinteraksi dengan sesama bikers di Indonesia,” tutup Jovin.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top