Technology

Montir.id Tawarkan Servis Mobil Tanpa Antre

www.123rf.com

Seiiring dengan pertumbuhan jumlah mobil, permintaan pada jasa servis dan perbaikan pun meningkat dari tahun ke tahun. Para pemilik baru sudah pasti mendapat jaminan garansi untuk jangka waktu atau hingga jarak tempuh tertentu. Biasanya, rentang waktu antara 3-5 tahun atau telah menempuh antara 30 ribu hingga 50 ribu kilometer. Dan, selama masa itu bila melakukan perawatan berkala, mendapat gratis biaya servis.

Namun selepas masa itu, bila ingin melakukan servis rutin atau terjadi kerusakan, para pemilik mobil bisa memilih ke bengkel resmi milik diler atau pilih bengkel umum. Sejauh ini, sebagian besar para pemilik mobil di Indonesia lebih memilih ke bengkel umum ketimbang bengkel resmi.

Ada beragam alasan mengapa orang pilih bengkel umum. Di antaranya, secara biaya yang harus dikeluarkan, yakni jasa servis, lebih rendah di bengkel umum.  Kemudian, bisa mendapatkan suku cadang yang non-original equipment manufacture (OEM) dengan kualitas sama. Lalu, alasan lain pilih bengkel umum adalah tidak perlu berlama-lama antre seperti halnya di bengkel resmi. Tidak heran, bila bengkel-bengkel umum tetap eksis meskipun para agen pemegang merek (APM) terus membuka diler 3S (sales, service, sparepart) di mana-mana.

Bagi orang yang mobilitas sehari-harinya menggunakan mobil, gangguan atau kerusakan mobil sangat tidak bisa ditolerir. Nah, di era digital ini, para pemilik mobil semakin dimudahkan untuk mendapatkan bengkel atau mekanik mobil yang bisa segera datang ketika dibutuhkan. Inilah yang mendorong Mikhail Laurus untuk melahirkan Montir.id, sebuah platform yang menawarkan jasa servis dan perbaikan mobil.

“Waktu saya kuliah di Seattle, Amerika Serikat, ada sebuah startup yang bernama Your Mechanic. Ini adalah startup yang menawarkan jasa servis dan perbaikan mobil ke rumah. Setelah pulang ke Indonesia, saya tertarik untuk membuat startup yang kurang lebih sama. Selain itu, saya memang hobi dengan dunia otomotif,” kata Mikhail Laurus, Co-Founder dan CEO Montir.id.

ia memulai Montir.id di tahun 2016. Sebagai catatan, Montir.id hanya melayani servis dan perbaikan mobil, bukan motor. Salah satu yang membuat ia optimistis bahwa model bisnis ini bisa berjalan, terutama di Jakarta, adalah ketergantungan orang pada mobil sebagai alat transportasi sehari-hari. Di sisi lain, orang juga semakin tidak mau repot membawa mobil rusak ke bengkel.

Target pasar yang disasar Montir.id adalah pemilik mobil pada umumnya, bukan para penghobi otomotif. Mobil-mobil yang diperbaiki di Montir.id rata-rata sudah berusia di atas 3 tahun. Sekarang ini, rata-rata ada permintaan servis dan perbaikan antara 1500-2000 panggilan per bulan.

Lalu, apa yang membuat orang memilih oleh Montir.id? Menurut Mikhail, alasan utama orang memilih mereka karena bisa datang ke rumah. Lalu, kemudahan dalam arti konsumen cukup memasukkan data lewat website atau aplikasi Montir.id dan bila sudah booking, montir bisa datang satu jam kemudian. Kemudian, kualitas pengerjaannya pun tidak kalah dari bengkel resmi dengan waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat.

“Selain itu, harga yang kami berikan juga jauh lebih murah hingga 30% dari bengkel resmi. Kami juga menyediakan suku cadang after market yang berkualitas. Dan, yang tidak ada di bengkel resmi dan umum sekalipun adalah garansi. Kami memberikan garansi perbaikan hingga tiga bulan untuk setiap pekerjaan yang kami lakukan,” tegas Mikhail.

Sejauh ini, Montir.id bisa melakukan servis ringan hingga perbaikan berat, seperti ganti kopling, hingga ganti radiator dan AC. Mereka memiliki sekitar 50 mekanik yang bisa menangani beragam jenis dan merek mobil, baik itu mobil Jepang atau Barat.

Mikhail menegaskan bahwa Montir.id bukanlah marketplace montir, tapi menempatkan diri sebagai bengkel online. Para montir atau mekanik di Montir.id  bekerja secara full time di startup ini. Dan, untuk memastikan kualitas, syarat untuk menjadi mekanik di Montir.id adalah minimal sudah bekerja di bengkel resmi selama empat tahun.

“Kami ingin memastikan bahwa keahlian mereka bisa diandalkan. Selain itu, para mekanik yang sudah pernah lama bekerja di bengkel resmi memiliki kemampuan dan sikap melayani yang lebih baik,” tambahnya.

Mikhail menceritakan bahwa Montir.id pertama kali mendapat seed funding pada tahun awal pendirian. Kemudian, tahun 2018 mendapat pendanaan seri A dari East Ventures. Tahun ini, Montir.id berencana untuk memulai putaran pendanaan baru di pertengahan tahun ini.

“Dana dari East Ventures ini telah digunakan untuk meningkatkan skala bisnis dari Montir.id, seperti memperluas cakupan area kerja. Sekarang ini, dengan jumlah mekanik sekarang ini, Montir.id baru bisa melayani kawasan Jakarta. Rencananya, area ini akan diperluas lagi hingga wilayah lain di sekitar Jakarta,” katanya.

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top