Technology

MRT Jakarta Pilih Moka untuk Sistem Pembayaran Digital di Stasiun

SUMBER: MOKA

Kemudahan serta kenyamanan dalam bertransaksi menjadi hal yang terus dikejar para penyedia layanan. Menyadari kebutuhan masyarakat Jakarta yang menuntut kecepatan di berbagai hal, MRT Jakarta menggandeng Moka sebagai penyedia layanan point of sale (POS) untuk sistem kasir diigital.

Dalam kerja sama ini, Moka akan menyediakan fasilitas layanan mulai dari hardware, software, hingga pelatihan untuk para merchant untuk menggunakan sistem kasir digital.

VP Brand & Marketing Moka Bayu Ramadhan menjelaskan bahwa kolaborasi keduanya sejalan dengan komitmen untuk menciptakan ekosistem yang maju bagi pelaku usaha Indonesia. Selain itu, Moka juga ingin memberikan solusi kepada para pelaku usaha mulai dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) hingga perusahaan besar.

“Semua UKM yang berjualan di stasiun MRT Jakarta sudah menggunakan layanan POS dari Moka. Sedangkan enterprise masih dalam tahap integrasi. Saat ini dua perusahaan yang menggunakan Moka di stasiun MRT adalah Bakmi GM dan Kaizen,” jelas Bayu.

Dengan kemitraan ini, Moka menargetkan tiga manfaat. Pertama, mendukung transformasi digital UKM dengan sistem kasir digital. Kedua, memberikan ruang bepergian yang nyaman bagi para penumpang MRT dengan pelayanan UKM yang efisien. Ketiga, memberikan fasilitas MRT Jakarta dengan sistem terintegrasi agar dapat menarik para merchant.

Kerja sama ini juga merupakan upaya untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna MRT Jakarta serta UKM untuk bertransaksi dengan lebih cepat serta efisien lewat teknologi. Penggunaan QR Code menjadi salah satu yang bisa digunakan untuk mempersingkat antrean dan mempercepat transaksi.

Dengan penggunaan sistem pembayaran digital, para UKM juga bisa memanfaatkan diskon dari berbagai penyedia mobile payment yang sudah terintegrasi dengan Moka.

UKM yang menempati stasiun MRT sudah dikurasi oleh tim ahli dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI. Tahapan pengumuman dan pendaftaran telah dimulai sejak 24 Januari 2019 dan kini UKM yang terpilih sudah menempati lima stasiun MRT, yaitu Stasiun Lebak Bulus Grab, Stasiun Fatmawati, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, dan Stasiun Dukuh Atas BNI.

Kolaborasi dengan MRT Jakarta juga ingin menunjukkan bahwa Moka terbuka peluang kerja sama kepada siapa pun. Tidak hanya dengan pelaku usaha, tetapi juga lembaga maupun badan usaha milik swasta dan pemerintah. Moka berharap dapat mendukung banyak pihak dalam mendigitalisasi sistem kasir sehingga tercipta dapat menciptakan ekosistem bisnis yang lebih efisien.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top