Lifestyle & Entertainment

Mulai di Australia, Facebook Sembunyikan Jumlah Like

Facebook memulai ujicoba menyembunyikan perhitungan “like” di platform mereka akhir September lalu. Tidak menghilangkan tombol like secara menyeluruh, Facebook menghilangkan angka-angka yang tampak pada unggahan penggunanya. Sebagai ganti, Facebook hanya menampilkan nama pengguna lain yang menekan tombol like dengan format “[nama] dan lainnya”.

Dilansir The Verge, uji coba di wilayah tertentu ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman bagi pengguna. Jika eksperimen yang dilakukan berhasil, ujicoba serupa diperkirakan akan dilakukan di lebih banyak daerah.

“Kami masih melakukan uji coba terbatas di mana perhitungan like, reaction, dan view pada video kamu masukkan dalam akses privasi di Facebook. Kami akan mengumpulkan feedback dari pengguna. Ke depannya apakah perubahan ini diperlukan untuk menambah pengalaman pengguna,” ujar juru bicara Facebook.

Jumlah like yang ada tidak akan terpampang di News Feed. Namun, tampaknya masih bisa dihitung secara manual. Program Facebook ini dilakukan setelah adanya kekhawatiran tentang perasaan cemas dan depresi yang disebabkan penggunaan media sosial.

Sebelumnya, pada awal tahun ini di Kanada, Instagram telah memulai ujicoba serupa. Uji coba ini kemudian diperluas ke beberapa wilayah lainnya. Sejumlah pengguna mengungkapkan mereka lebih suka jumlah like disembunyikan. Namun, uji coba ini masih harus dilakukan ke lebih banyak negara untuk memberikan pengalaman yang lebih baik lagi untuk pengguna.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top