Consumer Goods

Multi Bintang Targetkan Sungai Cumpleng Bersih dalam Tiga Tahun

SUMBER: MULTI BINTANG

Sampah menjadi masalah yang harus dihadapi di berbagai daerah, tidak terkecuali Jawa Timur. Mengutip Antara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bahkan mengungkapkan jika setidaknya ada sekitar 2,4 juta sampah popok yang dihasilkan di wilayah kepemimpinannya. Tak sedikit sampah popok yang berakhir di sungai karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada lebih dari 14 juta orang di Jawa Timur yang menggantungkan mata pencahariannya pada Sungai Brantas. Masalah sampah ini, tentunya dapat mengancam keberlanjutan pekerjaan mereka di sana. Menyadari hal tersebut, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (Multi Bintang) bersama dengan lebih dari 2.500 relawan menggelar aksi bersih sungai.

Tak hanya itu, mereka juga menyajikan program edukasi tata kelola sampah. Harapannya, edukasi ini bisa menjadi langkah awal dari gerakan tiga tahun dalam memulihkan kebersihan dari Sungai Cumpleng, anak Sungai Brantas. Gerakan ini mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk Aliansi Air Mojokerto dan Bank Sampah Mojokerto.

“Sungai adalah sumber kehidupan yang penting tetapi belum sepenuhnya terlindungi dengan baik. Kami percaya gerakan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat di Mojokerto tetapi juga bagi jutaan orang di Jawa Timur,” kata Ika Noviera, Corporate Affairs Director PT Multi Bintang Indonesia Tbk, di Mojokerto (7/11/2019).

Untuk mendorong gerakan tiga tahun ini, Aliansi Air Mojokerto dan Multi Bintang menggelar aksi penggalangan dana lewat platform KitaBisa.com untuk mengundang partisipasi masyarakat Indonesia untuk mendukung perjalanan Sungai Cumpleng menjadi bersih kembali. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan sungai.

Donasi ini akan berkontribusi untuk instalasi jebakan sampah bambu di sungai, kegiatan bersih-bersih sungai bank sampah, dan program pendidikan pengelolaan sampah di Sungai Cumpleng selama tiga tahun yang dilakukan oleh Aliansi Air Mojokerto dan Bank Sampah Mojokerto. Target pendanaan yang ingin dicapai adalah sebesar 1 miliar rupiah. “Untuk setiap 250 juta rupiah yang terkumpul, Yayasan Sahabat Multi Bintang akan menambah 100 juta rupiah lagi untuk inisiatif ini,” tambah Ika.

Indonesia memiliki sistem sungai yang beragam di seluruh negeri. Sungai-sungai mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk transportasi dan penggunaan air rumah tangga, terutama untuk memasak. Selain itu, ikan dari sungai juga merupakan sumber pasokan makanan bagi masyarakat karena itu kebersihan sungai yang terjaga sangat penting.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top