Resource & Energy

My Pertamina Loyalty Program Raih Penghargaan MECA 2018

The Breakthrough Application of the Year - My Pertamina Loyalty Program by Pertamina

Pertamina terus menjaga kepemimpinan bisnisnya melalui beragam strategi. Salah satu yang
cukup menarik perhatian datang dari strategi customer-relationship management (CRM) mereka,
melalui My Pertamina Loyalty Program. Diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, My Pertamina Loyalty Program hadir untuk memberikan reward dan meningkatkan customer experience dalam hal kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Program ini sengaja dibangun dalam dua bentuk, kartu dan aplikasi. Di sini, Pertamina ingin
melakukan evolusi secara bertahap sebelum melakukan revolusi besar. Upaya ini dilakukan agar
konsumen mampu mengadopsi inovasi yang dikeluarkan Pertamina dengan baik. Pasalnya, 93%
konsumen Pertamina masih menggunakan transaksi tunai. Sebab itu, Pertamina belum melakukan transformasi digital sekaligus.

Anggota My Pertamina Loyalty Program setidaknya memiliki tiga manfaat utama. Pertama, pelanggan dapat menikmati kemudahan bertransaksi non-tunai di SPBU My Pertamina. Pelanggan hanya perlu tap kartu mereka atau menggunakan aplikasi dala melakukan pembayaran. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat mengisi ulang saldo secara online melalui berbagai bank.

Manfaat kedua terdapat reward bagi pemilik akun My Pertamina Loyalty Program. Pelanggan akan memperoleh poin setiap pembelian Pertamax Turbo. Poin ini dapat diakumulasikan dan ditukarkan dengan berbagai keuntungan, seperti diskon di Bright Store atau berbagai merchandise menarik dari Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pernah mengatakan program tersebut dipersembahkan kepada pelanggan Pertamina yang loyal, sekaligus untuk mendorong penjualan Pertamax Turbo, Pertamax, dan Pertalite.

Keuntungan ketiga yang tak kalah penting adalah perihal keamanan. Melalui My Pertamina Loyalty Program, pelanggan dapat memantau saldo dan poin yang mereka miliki dengan mudah. My Pertamina Loyalty Program selanjutnya diperkuat dengan roadshow bertajuk Berkah Energi Pertamina selama setahun ke berbagai kota.

Selama satu tahun Program BEP ini, Pertamina telah menyiapkan berbagai macam reward bagi para konsumen setianya. Di antaranya 61 pasang paket umroh, 1 Mercy C300 Cabriolet, 16 Toyota Innova Diesel, 6 Harley Davidson StreetBob, dan 61 Yamaha NMAX ABS. Tidak heran, jika My Pertamina Loyalty Program dinobatkan sebagai The Breakthrough Application of the Year di ajang Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) 2018.








To Top