Technology

Nadiem Berikan Tiga Filosofi Kunci untuk Startup

Sumber: GOJEK

Membangun startup bukanlah hal yang mudah dilakukan. Memelihara dan mengembangkannya pun menjadi pekerjaab rumah lain ketika startup telah terbangun. Dalam sesi mentorship Gojek dan UI Works, Founder Gojek Nadiem Makariem membagikan pengalamannya membangun perusahaan decacorn tersebut beserta sejumlah filosofi yang diyakininya.

Nadiem menjelaskan dalam pertumbuhan startup terdapat beberapa fase. Ketika mencapai skala tertentu, akan ada beberapa hal yang menjadi prioritas, utamanya untuk pertumbuhan perusahaan dalam dua sampai tiga tahun ke depannya. Termasuk di dalamnya memastikan perusahaan tumbuh sesuai dengan visi dan misinya.

“Misi Gojek adalah untuk menciptakan dampak sosial yang luas dengan mencari solusi bagi permasalahan kehidupan sehari-hari melalui pemanfaatan teknologi. Kami sebelumnya tidak merencanakan adanya GoPay dan GoFood pada awal kami berdiri. Namun, kami mendengar dua hal dari pelanggan yaitu keluhan tentang susahnya mencari uang kembalian saat menggunakan layanan ride hailing dan kegunaan layanan pesan antar untuk membeli makanan,” ujar Nadiem.

Berdasarkan insight yang didapatkan dari keluhan pelanggan Gojek kemudian mengembangkan sistem pembayaran digital dengan GoPay. Dan layanan pesan antar makanan serta minuman. Kedua layanan tersebut hingga kini terus berkembang dan banyak membantu banyak pelanggan.

“Ada tiga filosofi yang menjadi kunci bagi start up adalah motivasi, managing people, dan momentum. Motivasi founders yang berhasil menurut saya adalah selalu obsesif ingin memecahkan sebuah permasalahan nyata di masyarakat. Mereka harus memiliki persistence, tenacity, dan grit. Kedua, founders harus selalu merekrut orang yang lebih andal daripada mereka sendiri . Hal ini masih sering diabaikan di Indonesia. Terakhir, pintar membaca momentum atau timing. Founders harus tahu kapan harus mendorong bisnisnya, jangan sia-siakan momentum,” tambah Nadiem.

Sesi mentoring itu masuk dalam program akselerator UI Works bertujuan menumbuh kembangkan ekosistem yang start up di Indonesia. Kolaborasi strategis Gojek dan UI  sendiri telah berlangsung sejak awal tahun ini dengan peran Gojek menjadi official learning partner UI melalui Gojek Collaboration Lab (CO-LAB).

Editor: Sigit Kurniawan








To Top