Netflix Gelar Kampanye #HallyuBarengNetflix di Area Metropolitan Jakarta

profile photo reporter Afra Hanin
AfraHanin
27 Maret 2022
marketeers article
Dallas, Texas/ United States 05/10/2018: (Photograph of Netflix logo on computer screen)
Netflix tengah menggelar kampanye terbarunya dengan judul #HallyuBarengNetflix. Kampanye ini memanfaatkan Digital Out of Home (DOOH) Advertising untuk mempromosikan drama Korea yang tengah tayang di platform Netflix. Tujuan utama dari kampanye ini adalah membangun kesadaran terhadap target audiens untuk menonton drakor di Netflix, seperti “Forecasting Love & Weather” yang dibintangi oleh Song Kang dan Park Minyoung, “Love & Leashes” yang dibintangi oleh Seohyun SNSD dan Jun U-KISS, “Twenty Five, Twenty One” yang dibintangi oleh Kim Taeri dan Nam Joo Hyuk, hingga “Thirty-Nine” yang dibintangi oleh Son Ye Jin CS.
Salah satu bentuk kampanye untuk mempromosikan drama “Forecasting Love & Weather” adalah dengan dipasangnya pendeteksi cuaca, di mana saat hujan, materi iklan yang muncul di papan iklan akan menjadi materi iklan “hujan”. Demikian juga, saat cuaca cerah, materi iklan “cerah” muncul. Kampanye #HallyuBarengNetflix berlangsung selama 14 hari di papan reklame digital ikonik di seluruh wilayah Metropolitan Jakarta.
Mengutip dari laman Marketing Interactive, kampanye ini meliputi penempatan DOOH strategis yang berlokasi di Gunawarman, SCBD Lot 6, Sudirman ST, LED Plaza Indonesia, Jl Asia Afrika, Grand Indonesia Indoor. Aktivasi ini hasil kerja sama Netflix dengan Wavemaker Indonesia dan Moving Walls. Menurut studi neuroscience tahun 2021 oleh perusahaan media luar ruang digital Australia QMS, materi iklan yang berkembang terbukti memberikan dampak 38% lebih tinggi untuk kampanye DOOH dibandingkan dengan materi iklan statis pada hari kelima. 
Secara terpisah, sebuah studi oleh Clear Channel, JCDecaux UK, dan Posterscope berjudul “The Moments of Truth” mengungkapkan bahwa respons otak konsumen 18% lebih tinggi saat melihat konten yang relevan dalam kampanye DOOH. Hal ini akan menyebabkan peningkatan 17% dalam ingatan iklan spontan konsumen. Pada akhirnya, perusahaan membuktikan bahwa kampanye DOOH yang dinamis dapat memberikan peningkatan penjualan sebesar 16%.
Dengan menampilkan konten yang unik dan relevan berdasarkan waktu, lokasi, cuaca, atau pembaruan langsung pada waktunya, penelitian ini menemukan bahwa ada peningkatan rata-rata +18% dalam respons otak. Sementara itu, terjadi peningkatan rata-rata +12% dalam respons otak saat menampilkan komunikasi merek atau produk pada momen yang paling relevan.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related