Lifestyle & Entertainment

Netflix Pecat Satu Direksinya Karena Ucapan Rasial

Netflix nampaknya benar-benar menganggap masalah rasial dan kesetaran etnis sebagai hal yang serius. Pasalnya, baru-baru ini Netflix memecat salah satu jajaran teratasnya karena menggunakan istilah rasial yang tidak pantas.

Jonathan Friedland yang menjabat sebagai Chief Communications Officer di Netflix selama enam tahun resmi dipecat oleh Netflix. Jonathan kedapatan beberapa kali menggunakan istilah rasial yang tidak pantas tersebut di dalam lingkungan kantor dan di hadapan beberapa karyawan.

“Saya telah membuat keputusan untuk meninggalkan Jonathan Friedland. Jonathan telah berkontribusi dengan banyak, tetapi penggunaan istilah rasial tersebut di lingkungan kantor tidak dapat diterima dan tidak sensitif. Ini tidak sejalan dengan nilai kami sebagai perusahaan,” ujar Reed Hastings, CEO Netflix.

Bersamaan dengan memo internal yang dikirimkan Reed kepada seluruh karyawan Netflix, Reed menegaskan bahwa kata dan istilah tersebut sangat buruk dan menyakitkan, serta tidak seharusnya digunakan.

Reed sendiri menyadari bahwa posisinya saat ini sebagai CEO Netflix dapat meminimalisir isu-isu rasial seperti ini. “Saya merasa perlu menjadi contoh yang baik dengan banyak belajar dan mendengarkan, sehingga saya bisa menjadi pemimpin yang dibutuhkan,” tambah Reed.

Ke depannya, Netflix akan mencari cara untuk melakukan edukasi dan pemahaman kepada para karyawannya terkait dengan isu rasial, kebangsaan, dan gender.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top