Consumer Goods

#NiatMurni, Inisiasi ADES dan Gojek Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

SUMBER: 123RF

Sebagai salah satu negara penghasil sampah terbesar di dunia, masyarakat Indonesia masih belum memiliki kesadaran mengenai pentingnya memilah sampah secara benar. Padahal, memilah dan mengolah sampah dapat dilakukan oleh semua orang dan dimulai dari rumah tangga sendiri. Karena itu, ADES, bekerja sama dengan Gojek dan Waste4Change, membuat program #NiatMurni untuk mengajak masyarakat mulai mencintai lingkungan.

Melalui program ini, ADES akan mengumpulkan sampah botol plastik dari masyarakat untuk didaur ulang. Pengumpulan pun dilakukan dengan memanfaatkan layanan GoSend yang nantinya akan dikirimkan ke titik-titik bank sampah terdekat.

Program ini merupakan langkah bersama untuk membantu masyarakat agar dapat secara aktif lebih memahami dan berpartisipasi dalam upaya peduli lingkungan, dengan memadukan teknologi sebagai platform untuk mendorong ekosistem ekonomi sirkular di Indonesia.

“Ini menjadi upaya ADES memberikan manfaat positif terhadap lingkungan dengan berpartisipasi melalui cara yang sederhana, yaitu kegiatan pengumpulan plastik botol bekas,” ungkap Mohammad Rezki Yunus, Marketing Manager Hydration melalui siaran pers.

Kolaborasi ini juga akan memberikan nilai ekonomi pada setiap kemasan botol plastic bekas, di mana setiap 50 kemasan plastik botol bekas yang dikirimkan, konsumen akan mendapatkan 2000 poin. Poin tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan token PLN, Pulsa, ataupun saldo GoPay.

Pada tahap awal, program #NiatMurni akan dijalankan selama 3 bulan dahulu, untuk kemudian ditinjau proses pengumpulan (collection) serta perubahan perilaku sudut pandang masyarakat dalam mengolah kemasan plastik botol bekas.

“Layanan pengumpulan sampah plastik ini nantinya dapat diakses melalui aplikasi Gojek melalui banner ADES #NiatMurni yang ada di shuffle card, yang kemudian akan menghubungkan pengguna ke website Waste4Change di mana pemesanan layanan GoSend hingga pengantaran plastik botol bekas akan diproses,” jelas Junaidi, Head of Logistic Gojek.

Untuk berpartisipasi dalam inisiatif #NiatMurni, masyarakat dapat membantu memastikan plastik botol bekas diterima dengan baik oleh bank sampah dengan meremukkannya. Setelah itu, dapat dikumpulkan, dipilah, dan disimpan dalam kemasan yang rapi serta tertutup rapat sebelum diberikan ke mitra drive GoSend.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top