Automotive

Nissan Ariya EV Siap Tantang Tesla Model Y

Foto: Autoblog

Pabrikan mobil di dunia sepertinya tidak mau membiarkan Tesla berjalan sendiri dalam menjual mobil elektrik. Salah satu penantangnya adalah Nissan yang dikabarkan tengah mempersiapkan Ariya sebagai lawan sebanding untuk Tesla Model Y. Dilansir dari electrek.com, pabrikan mobil asal Jepang tersebut masih menyebut Ariya sebagai konsep. Diperkirakan mobil yang telah hadir di Tokyo Motor Show beberapa waktu ini akan menggunakan nama yang sama hingga versi produksi.

Nissan mengatakan, Ariya akan dibekali dengan baterai yang dapat menempuh jarak 300 mil. Selain itu, baterai ini mampu memproduksi tenaga yang cukup bersaing dengan catatan waktu lima detik untuk berakselerasi dari 0-60 mph. Lebih dari itu, penggerak motor ganda juga akan ditanamkan di Ariya, penggerak ini akan kompatibel dengan rencana kendaraan ke jaringan Nissan Energy. 

Nissan Ariya merupakan mobil elektrik dengan gaya crossover. Tak heran mobil ini disiapkan untuk menganggu pasar Tesla Model Y. Dari segi dimensi, Ariya diharapkan sama dengan Nissan Rogue. Ariya memiliki instrumen kabin yang minimalis layaknya Tesla. Pengontrol fisik hanya tersedia untuk tombol start-stop, tombol untuk mengoperasikan layar multimedia, dan pengontrol iklim. Selebihnya pengemudi bisa mengontrol lewat sentuhan haptic yang ditempatkan di panel instrumen mobil.

Selain itu, Nissan telah berencana untuk memperbarui perangkat lunak dengan pembaruan over-the-air untuk sistem navigasi, antarmuka pengguna, dan karakteristik mengemudi. Teknologi ProPILOT 2.0 juga akan tersedia di mobil ini. Electrek mengatakan teknologi ini memungkinkan mengemudi dengan tangan sambil berlayar di jalur tertentu.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top