Consumer Goods

NIVEA Sentuhan Ibu dan OHCC Rehabilitasi Mental Korban Bencana Lombok

Photo Credits: NIVEA

NIVEA Sentuhan Ibu bersama One Health Collaborating Center (OHCC) resmi menutup Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial. Program yang telah dijalankan selama tiga bulan ini fokus membantu pemulihan mental para ibu dan anak korban gempa di desa Kekait, Lombok.

Program ini menggunakan metode yang dirancang khusus yang didasari oleh kekuatan sentuhan Ibu melalui  terapi atau intervensi  kesehatan  mental  dan  psikososial,  yaitu  Mindfulness  Therapy  dan  Play Therapy.

“Di NIVEA, kami menyadari bahwa Ibu adalah perempuan luar biasa yang akan melakukan apa pun dalam  kemampuannya untuk merawat keluarga. Karenanya, ibu menjadi fokus dalam program NIVEA Sentuhan Ibu yang bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan,” tutur Marketing Manager NIVEA Skin Care Diana Raya di Lombok, Sabtu (17/08/2019).

Dalam program tersebut, dilakukan terapi berpasangan antara ibu dan anak guna meningkatkan bonding dan empati mereka. Hal ini dikatakan Diana terbukti dapat meminimalisir gejala kecemasan dan stress, dan secara umum mampu meningkatkan kesehatan mental para Ibu dan Anak yang terdampak bencana.

Diikuti oleh 168 ibu dan anak, NIVEA mengklaim hasil dari program ini berbuah positif. Survei dengan metode kuesioner yang dilakukan NIVEA menunjukkan, terdapat penurunan tingkat kecemasan dan stress yang terjadi.

“Hasil intervensi menunjukkan para ibu menjadi lebih menghargai hubungan antara ibu dan anak melalui komunikasi dan sentuhan, serta merasakan adanya penurunan tingkat kecemasan dan stress yang dibuktikan melalui  mood  sheet  (kuesioner untuk  mengukur suasana hati) yang diisi oleh para ibu sebelum  dan  sesudah  intervensi.  Terdapat  pula  peningkatan  pada  aspek  bonding  antara  ibu  dan  anak.  Secara umum, lebih dari 85% penerima program merasa lebih baik setelah mengikuti program NIVEA Sentuhan Ibu,” jelas Diana.

Di sisi lain,  MCN  Kementerian  Koordinator  Bidang Pembangunan  Manusia  dan  Kebudayaan  RI  Meida  Octarina menyampaikan,  “kegiatan  rehabilitasi  kesehatan mental dan psikososial paska bencana merupakan wujud gotong royong dalam menghadapi Bencana. Program NIVEA Sentuhan Ibu – Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi Ibu dan Anak ini dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan Fase Rehabilitasi Bencana yang menggabungkan kekuatan Akademisi, bisnis (swasta), dan pemerintah.”

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top