Finance

OLX Group Tingkatkan Investasi di Frontier Car Group

SUMBER: 123RF

OLX mengumumkan rencana kerja sama mereka dengan Frontier Car Group (FCG). Rencana ini membuat OLX Group menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut, setelah pada tahun 2018 OLX berinvestasi pada FCG sebesar US$ 89 juta.

FCG sendiri merupakan perusahaan rinitisan atau startup dari Berlin yang menyediakan marketplace otomotif, khususnya jual beli mobil bekas secara online maupun offline.

Terintegrasinya kedua perusahaan akan mempercepat ekspansi sekaligus memperbaiki dan meningkatkan layanan bagi para pembeli dan penjual, serta menciptakan tolak ukut baru industri dalam perdagangan mobil bekas.

Melalui kerja sama ini, para dealer mobil bekan akan mendapatkan manfaat dari peningkatan kecerdasan dalam Dealer Management System (DMS), sebuah kapabilitas penjualan kembali yang berkualitas dari OLX. Dealer juga dapat melihat data harga dari Carfax dan produk-produk Blue Book-style. Dan, untuk penjual akan mendapatkan berbagai pilihan cara baru untuk menjual mobil dengan mudah dan terpercaya.

Nilai investasi dari OLX Group kepada FCG kali ini mencapai US$ 400 juta, yang meliputi suntikan modal utama, dengan kontribusi dari saham gabungan OLX di India dan Polandia, serta pembelian kembali saham yang dimiliki para investor awal, tergantung dari proses penawaran.

“Besama dengan FCG, kami berkeinginan untuk membangun sebuah pasar online (marketplace) untuk mobil bekas global yang terdepan, melalui penawaran layanan yang premium dan nyaman untuk jutaan pembeli, pemjual, dan dealer mobil,” ujar Martin Scheepbouwer, CEO OLX Group.

OLX optimis jika mereka dapat mempercepan perkembangan platform penjualan mobil bekal di seluruh dunia. Hal ini berdasarkan pengalaman mereka di India yang berhasil meningkatkan penjualan mobil sebesar 10% dari bulan ke bulan melalui penerapan konsep layanan premium tersebut.

“Kinerja FCG meningkat hampir tiga kali lipat di setiap metrik utamanya semenjak OLX pertama kali berinvestasi kurang dari 18 bulan yang lalu, dan juga telah mengembangkan bisnis ke empat negara baru dalam kurun waktu tersebut. Hal ini membuktikan bagi FCG jika ada peluang pasar yang besar setelah bekerja sama dengan OLX,” kata Sujay Tyle, Co-Founder dan CEO Frontier Car Group.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top