Opinion

LinkedIn: Orang Indonesia Paling Optimistis di Asia Tenggara

SUMBER: 123RF

Data LinkedIn Opportunity Index 2020, menyebutkan masyarakat Indonesia tercatat memiliki tingkat optimisme yang tinggi mengenai stabilitas masa depan. Indonesia berada di peringkat kedua setelah India dalam hal potensi perkembangan serta pertumbuhan ekonomi.

Sebanyak 44% responden asal Indonesia mencari peluang untuk mengejar minat mereka. Mereka juga memiliki pandangan kuat tentang keuangan pribadi dalam 12 bulan ke depan. Hal itu diduga menjadi faktor dari temuan hampir satu dari tiga orang Indonesia menginginkan untuk memulai bisnis sendiri.

Survei ini juga menemukan optimisme yang lebih tinggi di antara orang Indonesia yang tinggal di daerah perkotaan. Optimisme serupa juga dimiliki mereka dengan tingkat pendapatan dan pendidikan yang lebih tinggi. Secara keseluruhan, sebagian besar orang Indonesia merasa bahwa secara finansial lebih baik dari pada orang tua mereka ketika berada di usia yang sama.

Meski pada akhirnya kesehatan menjadi faktor penting dalam penentu kualitas hidup baik bagi masyarakat Indonesia. Mereka saat ini masih memilih karier menjadi yang paling penting bagi mereka. Dalam karier tersebut pun, mereka masih mencari peluang untuk mendapatkan work-life balance, pekerjaan yang sesuai minat, dan peluang untuk memaksimalkan kemampuan mereka.

Kendati demikian, dalam upaya mendapatkan karier yang sesuai dengan keinginan mereka, masyarakat Indonesia masih harus menghadapi hambatan yaitu kesenjangan peluang (opportunity gaps).

 

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top