Technology

Orang Indonesia Suka Berbagi Tagihan, LINE Kenalkan Fitur Splitbill

Selain suka berkumpul, orang Indonesia ternyata juga punya kebiasaan untuk berbagi tagihan saat makan bersama. Dengan kata lain, kumpul-kumpul sambil makan, tapi bayar sendiri-sendiri. Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan oleh LINE Indonesia.

Pada survei ini terungkap bila sebanyak 68% responden menyetujui jika kebiasaan berbagi tagihan sesuai menu pesanan masing-masing adalah kebiasaan yang disukai responden setelah makan bersama. Lalu, sekitar  69% responden setidaknya melakukan pertemuan atau berkumpul bersama teman-teman setidaknya satu kali seminggu.

Survei ini melibatkan  pengguna LINE yang berasal dari seluruh Indonesia dengan jangkauan umur 17 sampai 40 tahun ke atas.  Dilakukan di akun resmi LINE Indonesia pada Februari 2019 lalu dengan dengan 24.443 responden dari seluruh Indonesia yang terdiri atas 35% perempuan dan 65% laki-laki.

Memang, responden juga lebih menyukai jika pembayaran ditanggung terlebih dahulu oleh satu orang. Tapi, sering kali responden khawatir terhadap hasil perhitungan tagihan yang dilakukan oleh orang tersebut tidak akurat, misalnya akibat perhitungan pajak dan biaya layanan restoran yang beragam.

Bercermin pada survei ini, LINE Indonesia menghadirkan inovasi terbaru melalui salah satu layanan miliknya, aplikasi pertukaran pesan LINE, dengan merilis fitur LINE Splitbill.  Ini adalah fitur hitung dan bagi tagihan yang menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition), sehingga bisa memindai dan menghitung tagihan secara otomatis dalam waktu 5 detik. Selain menawarkan kemudahan dan akurasi yang tinggi, LINE Splitbill juga menjadi fitur hitung dan bagi tagihan pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi OCR.

“LINE Indonesia selalu berupaya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan beragam layanan yang inovatif bagi para pengguna agar dapat menggunakan aplikasi LINE secara lebih maksimal. Salah satunya melalui peluncuran fitur LINE Splitbill yang bisa membantu pengguna untuk menghitung dan membagi tagihan secara akurat dan mudah. Kami berharap dengan kehadiran fitur ini, LINE dapat mempermudah serta memperkaya kehidupan sehari-hari pengguna setianya di Indonesia,” tambah Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia, dalam keterangan medianya.

Manfaat LINE Splitbill tidak hanya bisa dirasakan oleh pengguna LINE, tetapi juga oleh bukan pengguna melalui kehadiran fungsi Add a friend without LIN”.  Pengguna LINE yang memanfaatkan LINE Splitbill bisa menyalin dan mengirimkan tautan hasil hitungan melalui platform lain kepada teman mereka. Untuk dapat melihat hasil hitungan, teman mereka hanya perlu membuka tautan tersebut yang akan tampak dalam format web-based.

​“LINE Splitbill sesuai digunakan oleh masyarakat Indonesia karena bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang senang berkumpul dan makan bersama serta membagi tagihan di antara mereka. Selain itu, penanaman teknologi OCR (Optical Character Recognition) di dalam fitur LINE SPLITBILL memungkinkan pengguna mendapatkan hasil hitungan yang berakurasi tinggi dengan proses penghitungan yang sangat mudah,”  kata Fanny Verona, Strategy and New Business Director LINE Indonesia.

MARKETEERS X