Resource & Energy

Pabrik Repsol di Indonesia Akan Pasok Pelumas ke Kawasan Asia Pasifik

Repsol Honda Team

Perusahaan pelumas yang berbasis di Madrid, Spanyol belum lama ini mengumumkan ekspansinya di Indonesia. Bersama Pacific Lubritama Indonesia (PLI), Repsol memoderinisasi blending plant (pabrik pencampuran) di Bojonegara Serang. Pabrik ini disiapkan untuk berbagai pelumas Repsol untuk pasar Indonesia dan seluruh kawasan Asia Pasifik. Langkah strategis ini pun disaksikan oleh dua pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez dan Alex Marquez.

Sebastian Mussini, Direktur Repsol Lubricants and Specialized Products, menegaskan bahwa kemitraan ini meningkatkan dan memodernisasi pabrik yang ada di Bojonegara Serang (PLI) untuk dijadikan sebagai pabrik pencampuran pelumas yang canggih. Kurang dari dua bulan, jadwal produksi dari pabrik ini akan dimulai.

“Bersama dengan pabrik di Singapura, pabrik PLI akan digunakan untuk memasok pelumas Repsol dan merk lain di bawah payung United ke Indonesia. Tidak hanya itu, pabrik ini juga berfungsi sebagai pusat ekspor untuk seluruh kawasan Asia Pasifik, bahkan hingga ke lebih dari 10 negara di kawasan ini,” ujar Mussini.

Pada bulan September 2019, Repsol membentuk joint venture dengan United Global Limited setelah membeli 40% saham pabrikan dan distributor pelumas United Oil Company yang berbasis di Singapura. Joint venture ini akan memproduksi pelumas di Singapura dan Indonesia, serta memasok produk Repsol di Singapura, Indonesia, Malaysia dan Vietnam.

Repsol juga ingin memperluas bisnis pelumasnya di Indonesia dengan memperkenalkan seluruh jajaran minyak untuk industri dan mesin diesel. Dengan pengalaman puluhan tahun sebagai produk Original Equipment Manufacturer (OEM), perusahaan tengah mencari cara untuk memperluas dan melengkapi jaringan yang ada dalam mencapai target tersebut.

MARKETEERS X








To Top