Opinion

Selain Jack Ma, Ini Dia 17 Nama Para Pendiri Alibaba Group

Siap-siap ucapkan selamat tinggal kepada Jack Ma. Karena Pada September 2019 mendatang, Jack Ma akan mundur dari jabatannya sebagai Chairman of the Board Alibaba Group.

Bersamaan dengan pengumuman itu, Daniel Zhang yang dulu menjabat sebagai CEO Taobao dan presiden direktur Tmall.com, ditunjuk sebagai suksesor Jack Ma untuk menjabat sebagai Chairman of the Board Alibaba Group.

Tentunya, sulit membayangkan bagaimana Alibaba tanpa Jack Ma. Sama sulitnya ketika Steve Jobs meninggal dan kepemimpinan di ambil alih oleh Tim Cook. Namun, begitulah bisnis, suksesi kepemimpinan akan selalu ada.

Jack Ma sendiri menyebutkan bahwa ia telah merencanakan suksesi kepemimpinan ini selama sepuluh tahun. Baginya, transisi kepemimpinan ini menunjukkan bahwa Alibaba telah naik ke level pengelolaan perusahaan ke tingkatan selanjutnya, dari perusahaan yang mengandalkan individu-individu, ke perusahaan yang dibangun dengan sistem pengelolaan perusahaan berstandar tinggi serta budaya pengembangan talenta.

Sebagai orang yang pernah berprofesi sebagai guru, ia mengungkapkan rasa bangga akan apa yang telah ia capai. Baginya, para guru selalu ingin murid-muridnya lebih sukses dari dirinya sendiri. Sebab itu, ia bertanggung jawab untuk menjadikan generasi yang lebih muda dan lebih berbakat untuk mengambil alih peran-peran kepemimpinan.

Jack Ma adalah wajah Alibaba yang tak terlupakan dengan kharisma serta kepemimpinannya yang inspirasional. Tetapi ada pula 17 orang penting lainnya yang dahulu bersama Jack Ma mendirikan Alibaba sejak kelahirannya di tahun 1999. Siapakah mereka? Dan, di manakah mereka sekarang?

Berdasarkan data dari iPrice Group, Para pendiri Alibaba Group berasal dari latar belakang industri yang berbeda-beda, seperti jurnalis, pekerja bank, programmer, pendidikan, dan lainnya. Koneksi Jack Ma dengan pendiri Alibaba lainnya kebanyakan adalah bekas muridnya sendiri, teman kerjanya, teman mutual, dan juga pengusaha dengan satu visi dan sepemikiran.

 

Menariknya, terdapat tiga pasangan menikah dalam 18 pendiri Alibaba Group tersebut, yakni Jack Ma dengan Cathy Zhang, Toto Sun dengan Lucy Peng, dan Shi Yu Feng dengan Jin Yuan Ying.

Di antara 18 pendiri tersebut, terdapat juga enam perempuan yang kini menjabat posisi manajemen atas, seperti Lucy Peng yang baru-baru ini ditunjuk sebagai CEO Lazada pada Maret 2018 lalu. Sedangkan banyak juga pendiri lainnya yang masih menduduki jabatan strategis di Alibaba dan perusahaan cabangnya.

 

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top