Technology

PayPal Tarik Dukungan untuk Libra

Sumber: 123rf

PayPal memutuskan mundur dari organisasi nonprofit yang mendukung pengembangan uang kripto milik Facebook, Libra. Pihak PayPal tidak memberikan alasan khusus atas penarikan dukungan dari Libra. Mereka mengungkapkan akan fokus pada misi perusahaan yang sudah ada.

Sebelumnya, PayPal tergabung dalam organisasi dengan 28 anggota yang memberi dukungan kepada Libra. PayPal memilih berkonsentrasi pada pengembangan layanan finansial mereka.

“Kami akan tetap mendukung aspirasi Libra dan menantikan kerja sama di masa yang akan datang. Kami telah lama menjalin kerja sama dengan Facebook dan menghargai hubungan ini. Kami akan terus menjadi rekan yang mendukung mereka di banyak hal,” jelas pihak PayPal.

Dilansir The Verge, PayPal mulai menjaga jarak dari pengembangan Libra di tengah kesulitan regulasi yang mereka hadapi. PayPal bahkan dikabarkan telah berencana melewatkan pertemuan untuk membahas proyek ini. Salah satu  permasalahan yang muncul adalah kekhawatiran bagaimana platform ini bisa terhindar dari pencucian uang.

Kehilangan PayPal sebagai pendukung tidak berarti mengisyaratkan Libra ditutup. Namun, tidak dapat dipungkiri Paypal merupakan pemain keuangan utama, bersama dengan anggota Asosiasi Libra lainnya seperti Mastercard dan Visa. Kepala blockchain Facebook David Marcus yang kini mengawasi Libra dan aplikasi dompet digital pendampingnya  Facebook Calibra, juga sempat memiliki keterkaitan dengan perusahaan tersebut. Ia adalah mantan presiden PayPal sebelum memimpin Facebook Messenger.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X