Industry

Pelaku UKM Harus Tetap Optimistis di Masa Krisis

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu kunci dari kesuksesan sebuah bisnis, tidak terkecuali Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan kualitas SDM yang baik, maka pengelolaan UKM mulai dari proses ide, produksi, hingga marketing akan berjalan dengan baik.

Namun, bagaimana jika kondisi ekonomi tengah mengalami masa krisis seperti sekarang? Apa yang harus dilakukan SDM UKM agar bisnisnya tetap berjalan dengan baik walaupun banyak aspek yang tidak mendukung?

Samsul Hadi, VP Academic International Council for Small Business Indonesia dalam ICSB Academy Online, Kamis (09/04/2020) memaparkan bahwa dalam masa krisis, SDM UKM harus memperkuat tiga aspek, yaitu produktif, kreatif, dan optimistis.

“Pelaku bisnis harus fokus ada hasil yang akan diraih UKM. Artinya, jika terus bersikap produktif, bisnis akan mengalami peningkatan nilai penjualan dan menambah aset tangible dan intangible,” jelasnya.

Dalam mewujudkan produktivitas, pelaku bisnis UKM harus mengerahkan jiwa entrepreneur yang dimiliki dan diperkuat dengan aksi eksekusi. Lihat peluang yang ada dan kerahkan tenaga untuk mewujudkan ide-ide kewirausahawanan.

Aspek kedua adalah kreatif. Dalam masa krisis, pelaku bisnis UKM harus terus mencari ide baru yang menarik. Ide ini bisa dilihat dari kebutuhan pasar yang berubah seiring dengan masa krisis yang mengakibatkan perubahan behaviour pasar.

“Pastikan kreativitas yang muncul memiliki nilai, terutama nilai produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar,” tambah Samsul.

Terakhir, pelaku UKM harus memiliki sikap optimistis. Hal ini bisa diwujudkan dengan berpikir positif bahwa krisis akan terlewati. Dengan pemikiran positif, maka kemampuan untuk melihat peluang, perasaan ingin terus berkembang, dan keinginan untuk terus maju akan lebih mudah dibangun dalam diri.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top