Automotive

Penggalan Strategi Toyota Menyongsong Tahun 2020

Toyota Avanza

PT Toyota Astra Motor optimistis menutup tahun 2019 dengan capaian market share sekitar 32%. Hingga November 2019, perusahaan ini berhasil menjaga pangsa pasar lebih dari 31% di tengah penurunan industri otomotif nasional sebesar 12%. Sementara itu, Toyota juga berdampak dan membukukan penurunan performa sekitar 6% penjualan wholesales dibandingkan tahun lalu periode yang sama.

Salah satu produk yang menjaga performa Toyota adalah produk Avanza dan Rush yang mendapat pembaruan tahun ini. “Sejak diluncurkan, market share Avanza dari 28% naik menjadi 34% dan market share Rush tumbuh dari 42% menjadi 54%. Kunci sukses keduanya tak lepas dari desain yang segar dan harga yang bisa diterima masyarakat,” ujar Vice President PT. Toyota Astra Motor, Henry Tanoto di Jakarta, (12/12/2019).

Untuk menyongsong tahun depan, Henry pun telah menyiapkan beberapa produk baru. “Kami telah menyiapkan produk baru untuk mobil hybrid, plug in hybrid, dan new model. Untuk plug in hybrid, akan kami perkenalkan pada awal tahun depan,” lanjut Henry.

Henry pun memprediksi bahwa tahun 2020 akan lebih baik ketimbang tahun ini meski pertumbuhannya tidak besar. Diprediksi, pertumbuhan sekitar 2%-6% akan didapat industri otomotif secara nasional. Toyota pun berharap dapat menjaga pangsa pasar mereka berada di angka 32%.

Selain produk baru, berbagai layanan dan aktivitas marketing yang berbasis pada pemberian pengalaman kepada pelanggan menjadi fokus strategi TAM tahun 2020. “Kami telah menyiapkan berbagai kejutan, baik untuk produk, layanan, CSR, hingga aktivitas marketing lainnya,” tutup Henry.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

 

MARKETEERS X








To Top