Consumer Goods

Peran Food Blogger dalam Pemasaran Kuliner

Bagi Anda pecinta kuliner, tentunya tidak asing dengan keberadaan food blogger. Ya, berkat ulasan mereka lah biasanya kita memutuskan untuk mencoba makanan di kafe atau restoran tertentu. Keberadaan food blogger yang tengah menjamur ini pun dilirik oleh banyak perusahaan penyedia makanan. Salah satu perusahaan yang tertarik menggandeng food blogger untuk mempromosikan produknya adalah Boga Group.  

“Food blogger itu sangat membantu kami. Sekarang itu, orang-orang suka meminta rekomendasi tempat makan ke temannya, mencari referensi dari blog dan media sosial. Untuk itu, kami biasanya memanfaatkan food blogger untuk mengulas makanan kami,” kata General Manager Marketing & PR Boga Group Ellen Widodo kepada Marketeers.

Ia menambahkan, biasanya Boga Group mengundang food blogger saat ada pembukaan toko baru dan saat ada menu baru yang biasanya dikeluarkan per tiga bulan. Food blogger yang mereka undang adalah mereka yang memiliki banyak pengikut, telah banyak menulis ulasan, dan yang mampu menampilkan foto makanan dengan baik.

“Kami tidak memiliki kontrol atas konten yang ditulis para food blogger. Namun, kami terbantu dengan visual yang ditampilkan para food blogger. Visual yang menarik akan membuat pembaca blog tertarik menikmati makanan kami,” tambahnya.

Setelah food blogger menulis ulasan di blog maupun media sosial miliknya, sambung Ellen, pihaknya akan melihat respons netizen dengan melihat jumlah like dan komentar netizen. “Kami sangat memperhatikan hal tersebut karena itu adalah pendapat yang jujur dari netizen,” pungkasnya. 

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top