Transportation & Logistic

Peran Jasa Logistik Pada Industri E-commerce

SUMBER: 123RF

Saat ini, industri e-commerce di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari data yang dirilis oleh Bank Indonesia, angka transaksi e-commerce meningkat hingga 151% pada tahun 2018.

Angka ini diprediksi akan terus bertambah seiring adanya pergeseran tren transaksi jual-beli dari offline ke online. Perkembangan industri e-commerce membuat kebutuhan akan penyedia layanan jasa logistik juga ikut meningkat.

“Industri logisitik ini memiliki beberapa segmen, seperti komunitas dan e-commerce atau online shop. Jika dilihat pada segmen e-commerce, pertumbuhan bidang logistik akan selalu mengikuti pertumbuhan e-commerce. Kalau dilihat dari data pertumbuhan BI angkanya mencapai 190% dan harus diikuti juga dari sisi industri logistik,” ujar CEO Paxel Bryant Christanto kepada Marketeers.

Riset Paxel dan Provetics mengatakan salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih penyedia layanan logistik adalah kecepatan pengiriman barang. Bagi penjual, kecepatan barang sampai kepada konsumen juga akan mendorong kecepatan perputaran uang dalam berbisnis. Dalam hal ini, layanan same day delivery menjadi pilihan bagi para penjual online.

Adanya jasa same day delivery ini membuka peluang pertumbuhan yang lebih bagi penjual online, terutama penjual pemula (beginner seller). Selain itu, setelah menggunakan jasa same day delivery para penjual online ini juga mengalami peningkatan volume pengiriman barang.

Industri makanan pun menjadi salah satu industri yang banyak menggunakan jasa logistik same day delivery. Mengingat kualitas makanan dapat memburuk dengan cepat, membuat penjual lebih memilih layanan same day delivery untuk menjamin produknya sampai ke konsumen dengan cepat dengan kualitas yang optimal.

Menurut Zaldy Mashita, COO Paxel, kebutuhan konsumen untuk mendapatkan barang pesanannya dengan cepat juga mendorong penggunaan layanan same day delivery. Jasa logistik same day delivery ini memiliki peran penting bagi penjual online di bidang makanan. Terlebih bagi mereka yang mendapatkan pesanan di luar daerah. Layanan same day delivery dapat memperluas pasar mereka hingga lintas-kota tanpa mengorbankan kualitas produk yang mereka jual.

“Industri logistik akan terus berkembang mengikuti industri e-commerce. Malahan, industri logistik mempunyai peran yang sangat penting dalam menaikkan pertumbuhan e-commerce. Karena kalau misalnya tidak ada kemampuan untuk mengirim barang, transaksi digital masih tetap bisa berlangsung tapi tidak ada layanan pengiriman barang, akhirnya transaksi otomatis akan terbatalkan,” kata Bryant.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X