Communication

Perhatian Besar Presiden ke Himpunan Pengusaha Muda Indonesia

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo punya perhatian besar terhadap pengembangan dunia usaha di Tanah Air. Salah satunya ditunjukkan oleh Jokowi melalui dukungannya terhadap program yang digelar oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Terakhir, Jokowi telah diagendakan untuk membuka Musyawarah Nasional (Munas) Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) XVI 2019 di Hotel Sultan pada Senin depan.

Ketua Umum BPP HIPMI Bahlil Lahadalia mengatakan, pembukaan nanti merupakan yang kedelapan kalinya Presiden Jokowi menghadiri agenda-agenda penting BPP HIPMI, termasuk menerima HIPMI di Istana Merdeka. Munas kali ini pun sifatnya sangat strategis mengingat kepengurusan HIPMI sejak tahun 2015 akan segera berakhir. Sebab itu, agenda utama Munas ini adalah pemilihan Ketua Umum BPP HIPMI periode berikut.

“Saat ini terdapat tiga kandidat calon Ketua Umum yakni Bagas Adhadirgha (Ketua Bidang Luar Negeri dan Pariwisata BPP HIPMI), Ajib Hamdani (Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI), Mardani H Maming (mantan Bupati Tanah Bumbu dan Ketua APKASI),” ujar Bahlil saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (12/9/2019)

Munas HIPMI Ke-XVI merupakan amanat organisasi yang tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga Pasal 12 tentang Musyawarah Nasional. Terdapat  tujuh agenda utama Munas. Pertama, mengubah dan menyempurnakan AD/ART.  Kedua, menetapkan program umum organisasi. Ketiga, menilai dan menetapkan laporan pertanggungjawaban Badan Pengurus Pusat selama masa baktinya.

Keempat, memilih dan menetapkan Ketua Umum/Formatur Badan Pengurus Pusat beserta Lembaga Kelengkapan Organisasi tingkat Nasional. Kelima, menyusun Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran Organisasi untuk satu masa bakti. Kelima, mengembangkan organisasi, Terakhir, menetapkan keputusan-keputusan lain yang diperlukan.

Tercatat, 1.200 peserta akan meramaikan acara ini. HIPMI juga akan menghadirkan sejumlah narasumber yakni Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (pengusaha sekaligus senior HIPMI), Erick Thohir, Ketua Kadin yang juga senior HIPMI, Rosan P. Roeslani, dan Anggota DPR-RI Maruarar Sirait untuk mengisi forum diskusi yang bertajuk Melanjutkan Peran HIPMI sebagai Lokomotif Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan.

Selain itu, BPP HIPMI juga mengangkat bahasan diskusi mengenai “Peluang dan Tantangan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0”. Sejumlah narasumber akan dihadirkan, seperti Ketua Umum HIPMI Periode 2012-2015, Raja Sapta Oktohari, Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Ketua Umum HIPMI 2008-2011 Erwin Aksa, serta William Tanuwijaya selaku CEO Tokopedia.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top