Career

Perkembangan Teknologi Pengaruhi Peningkatan Returnee

SUMBER: 123RF

Berdasarkan laporan e-Conomy SEA di tahun 2019 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, tren pertumbuhan ekonomi digital tumbuh pesat di Asia Tenggara. Indonesia menjadi negara yang terdepan. Dan, ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai US$ 40 miliar.

Selama tiga tahun terakhir, pertumbuhan industri teknologi dan digital di Indonesia semakin baik. Hal itu membuat banyak orang Indonesia bekerja di luar negeri yang kemudian mempertimbangkan untuk kembali ke Tanah Air untuk bekerja di sektor ini. Dengan bekal yang mumpuni, pengalaman serta jam terbang di industri itu, sejumlah returnees (pekerja Indonesia yang kembali dari luar negeri) kemudian bekerja di berbagai startup Indonesia.

“Hal itu menjadi indikasi yang baik. Karena, sebagian besar perusahaan di Indonesia mencari kualitas yang dimiliki para returnees,” ujar Monio Lim, Associate Director Michael Page Indoneisa.

Riset yang berjudul Michael Page Employer’s Guide to Indonesian Returnees ini memperlihatkan temuan-temuan untuk membantu memastikan ketersediaan profesional Indonesia terbaik bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Dan perusahaan yang mencari kandidat pegawai Indonesia yang memiliki pengalaman dan wawasan luar negeri.

“Riset ini memperlihatkan bahwa 17% dari mereka yang kembali ke Indonesia juga memiliki keinginan serta mencari kesempatan untuk berkontribusi bagi perekonomian Indonesia. Hal ini penting untuk dicatat dan sekaligus juga menunjukkan hal yang menjanjikan demi angkatan kerja Indonesia yang memiliki potensi besar untuk terus berkembang dengan keahlian yang terus meningkat,” ungkap Olly Riches, President Director Michael Page Indonesia.

Most Popular








To Top